Sukses

Seni Tutunggulan Masih Diminati

Lomba seni Tutunggulan diminati warga di Desa Ciherang, Purwakarta, Jabar. Sejumlah remaja dan ibu-ibu mengaku sangat senang bisa ikut melestarikan budaya ini.

Liputan6.com, Purwakarta: Lomba seni Tutunggulan atau menumbuk lesung secara berirama masih diminati warga di Desa Ciherang, Kecamatan Pasawahan, Purwakarta, Jawa Barat. Lomba diikuti 14 peserta yang diadakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Tujuan acara ini adalah untuk melestarikan seni budaya tradisional yang semakin terpinggirkan.

Untuk mengikuti lomba ini, para peserta telah mempersiapkan diri dengan berlatih selama beberapa hari sebelum perlombaan. Sejumlah remaja dan ibu-ibu mengaku sangat senang bisa ikut melestarikan budaya ini.

Sebagaimana kesenian pada umumnya, kesenian tradisional Tutunggulan tak hanya mengandung nilai estetika. Tapi ada nilai-nilai lain yang terkandung antara lain gotong royong, ketertiban, dan keteraturan.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.