Sukses

Di Depan FPI, Rizieq Tegaskan Hubungan dengan Firza Husein Fitnah

Usai diperiksa sebagai saksi kasu makar, Rizieq Shihab langsung berorasi.

Liputan6.com, Jakarta - Usai diperiksa sebagai saksi di Polda Metro Jaya, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab langsung menyapa para demonstran yang memadati Mapolda Metro Jaya. Menggunakan mobil berwarna putih dengan atap terbuka, Rizieq langsung menyampaikan orasinya.

Salah satu orasi yang disampaikan ialah penjelasan terkait rekaman suara dan gambar percakapan WhatsApp yang tersebar di berbagai media sosial dengan tersangka kasus dugaan upaya makar, Firza Husein.

"Menyangkut video yang beredar saya dari FPI dan GNPF MUI, hanya bisa mengatakan video yang beredar itu semuanya fitnah, dan itu merupakan ujian dari perjuangan kita," ungkap Rizieq di Polda Metro Jaya, Sudirman, Jakarta Selatan (1/2/2017).

Ia menjelaskan, wanita yang berada di rekaman video itu telah mengonfirmasi melalui kuasa hukumnya bahwasa video yang beredar tersebut tidak benar dan semuanya itu merupakan fitnah.

"Satu hal yang harus kita ingat wanita yang ada di video tersebut sudah mengonfirmasi melalui kuasa hukumnya menanggapi dengan siaran pers suara maupun chat tidak diakuinya. Dikatakan oleh bersangkutan itu sebagai fitnah dan akan menuntut semua yang melakukan fitnah video tersebut," kata Rizieq Shihab.

Setelah hampir 7 jam diperiksa sebagai saksi dugaan makar Sri Bintang Pamungkas di Polda Metro Jaya, akhirnya Habib Rizieq bersama Ketua GNPF MUI Bactiar Natsir dan Jubir FPI Munarman keluar dari Polda Metro Jaya dan langsung berorasi.

"Saya sampaikan kepada umat muslim, saya bersama ustaz Bactiar Natsir dan haji Munarman alhamdulillah sudah menjalankan pemeriksaan dan kami bertiga sudah keluar," ujar Rizieq Shihab.

Bachtiar Natsir pun meminta massa untuk tertib saat lokasi demonstrasi. "Sekarang kita pulang, bersih, tertib," kata Bachtiar

Massa yang hadir pun membubarkan dengan kembali melakukan longmarch dari Polda Metro Jaya menuju Masjid Al Azhar.

Hubungan Guru dan Murid

Adik Firza Husein, Fifi Husein, mengakui kakaknya pernah mengikuti pengajian Rizieq Shihab. Namun, sudah setahun terakhir ini tidak aktif lagi.

"Dia memang pengajian sama seperti jemaah yang lainnya. Kurang lebih satu tahun terakhirlah, enggak aktif tapi," kata Fifi.

Menurut Fifi, tidak mudah untuk menemui Rizieq Shihab, apalagi berbincang. "Kita mau nemui Habib saja susahnya minta ampun. Mau ngobrol sama Habib saja susahnya minta ampun," ujar Fifi.

Firza Husein disebut-sebut Ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana (SSC). Terkait kasus dugaan makar, ia diketahui sebagai salah satu pemegang dana dugaan makar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.