Sukses

Begini Cara Partai Solidaritas Indonesia Melawan Hoax

Salah satu cara melawan hoax, bukanlah dengan melapor ke polisi, tapi dengan membanjiri dengan informasi yang benar dan sesuai dengan fakta.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mewaspadai penyebaran hoax atau kabar bohong. Bahkan ada upaya untuk membendung hal tersebut dengan pembentukan badan baru dan aturan.

Terkait hal itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mencoba melawan hoax, yang sudah dipandang membanjiri media sosial sekarang ini.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni mengatakan, salah satu cara melawan hoax bukanlah dengan melapor ke polisi, tetapi dengan membanjiri dengan informasi yang benar dan sesuai fakta.

"Salah satu cara hoax bukan melapor ke polisi tapi membanjiri dengan informasi yang benar dan dengan klarifikasi," ucap Raja Juli di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis 26 Januari 2017.

Di tempat yang sama, anggota komunikasi PSI, Andika Wijaya menuturkan, partainya kini meluncurkan laman stophoax.psi.id. Dengan hal ini, membantu masyarakat untuk mengklarifikasi informasi hoax.

"Dengan website (laman) itu, masyarakat bisa melaporkan berita hoax atau butuh klarifikasi. Nanti kita ada tim untuk mengumpulkan faktanya," jelas Andika.

Selain itu, lanjut dia, bukan hanya melalui situs, pihaknya juga menyebarkan video tentang informasi yang benar melalui Youtube. Hal ini dipandangnya sebagai tandingan konten hoax.

"Kita juga melalui video di youtube salah satunya, untuk melawan konten hoax. Kalau tidak bikin konten tandingan, kontan hoax semakin mengusai informasi," kata Andika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini