Sukses

Penangkaran Rusa Bogor, Destinasi Wisata Edukatif Bernuansa Alam

Liputan6.com, Jakarta - Selain kawasan Puncak, Bogor merupakan destinasi favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk mengisi libur akhir pekan. Kota yang dijuluki kota hujan ini tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga sajian kuliner dan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Diantara banyaknya tempat wisata yang ada, wisata penangkaran rusa Giri Jaya sangat cocok dijadikan referensi liburan bagi Anda yang ingin mengajak anak dan keluarga.

Tempat wisata yang terletak di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor ini menyajikan suasana yang nyaman dengan udara segar dan pepohonan hijau nan rimbun.

Tak hanya menikmati keindahan alam, para pengunjung pun dapat mengajak si kecil bermain sambil belajar mengenal berbagai ragam flora dan fauna yang jarang ditemui apalagi di kota–kota besar.

Di area seluas 8,6 hektar ini, pengunjung dapat melihat beragam rusa mulai dari rusa timur, rusa totol dan rusa bawean yang didatangkan dari Jawa dan Bali. Ada pula rusa dari India, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka.

Konon, rusa spesies tersebut didatangkan ke tanah air atas prakarsa Sir Thomas Stamford Raffles. Pengelola konservasi pun mengizinkan para pengunjung untuk berinteraksi secara langsung dengan rusa-rusa tersebut.

Bahkan pengunjung dapat memberikan makan secara langsung kepada rusa-rusa tersebut dengan membeli makanan rusa yang dijual oleh para petugas di sana.

Menariknya, akses masuk area penangkaran rusa harus melewati jembatan gantung yang terbentang di atas sungai Cibeet. Pemandangan hijau dari pohon-pohon besar menghiasi sepanjang jalan menuju penangkaran rusa yang dikelola oleh PT Perhutani.

Tidak hanya itu, pengelola juga menyediakan tempat bagi pengunjung yang hobi berkemah, lengkap dengan fasilitas outbond.

Video Populer News

Tutup Video