Sukses

Jokowi Serahkan Asuransi Jiwa untuk Nelayan Sulsel

Tiap nelayan diberikan asuransi premi sebesar Rp 107.000 per bulan.

Liputan6.com, Makassar - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menyerahkan asuransi jiwa kepada sekitar 200 nelayan di Sulawesi Selatan.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 18 nelayan saat peresmian Kawasan Pelabuhan Perikanan (KPP) Untia di Keluraan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

Tiap nelayan diberikan asuransi premi sebesar Rp 107.000 per bulan.

Tak hanya asuransi, dalam peresmian pelabuhan terbesar kedua di Indonesia itu, Jokowi juga menyerahkan santunan klaim asuransi kematian bagi keluarga nelayan.

Di antara enam ahli waris nelayan yang menerima santunan di antaranya Rahmat asal Aceh Singkil, Rudi Hartono asal Aceh Selatan, Sofyan asal Pesisir Selatan, Eldika Putra Utama asal Brebes dan Raoda asal Garut.

"Pemberian asuransi dan santunan klaim kematian itu merupakan bagian dari amanah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2015 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan," kata Jokowi di sela peresmikan Pelabuhan Perikanan Untia Makassar, Sabtu (26/11/2016).

Menurut dia, dengan perlindungan asuransi tersebut, nelayan akan mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam menjalankan aktivitas penangkapan ikan di laut.

"Program ini diharapkan bermanfaat untuk mendorong produktivitas dan kesejahteraan nelayan, "ucap Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.