Sukses

JK Tegaskan 'Safari Pasukan' Jokowi Bukan Khawatir Demo Lanjutan

Selama seminggu ini, Jokowi bersafari ke beberapa markas kesatuan di TNI dan Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menyatakan safari Presiden Jokowi ke markas Kopassus, Marinir, dan Brimob Polri untuk menginspeksi prajurit dan mengecek kesiapan menghadapi momen-momen penting, seperti pilkada serentak. Ia menampik konsolidasi Jokowi ke markas TNI-Polri sebagai bentuk kekhawatiran akan adanya demo lanjutan terkait kasus dugaan penistaan gubernur nonaktif DKI Jakarta Ahok.

"Saya kira kekhawatiran tidak ada. Beliau panglima tertinggi, itu menginspeksi pasukan," ujar Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat (11/11/2016) seperti dilansir Antara.

Selepas demo 4 November, Jokowi memang terus berkonsolidasi dengan berbagai pihak. Tak terkecuali dengan prajurit TNI dan anggota kepolisian.

Senin lalu, Jokowi mendadak mengumpulkan ribuan prajurit TNI lintas matra di Mabes TNI AD. Kemudian Selasa, Jokowi memberi arahan kepada para perwira TNI dan anggota kepolisian yang ikut mengamankan aksi 4 November di PTIK.

Konsolidasi ini berlanjut dengan menyambangi Mako Kopassus Cijantung. Dan hari ini, Jokowi menyambangi dua pasukan langsung, yaitu Mako Brimob Polri Kelapa Dua dan Markas Korps Marinir di Cilandak, Jakarta Selatan.

Jokowi mengatakan, safari pasukan ke markas dan satuan-satuan prajurit TNI dan Polri dalam sepekan ini untuk memastikan loyalitas kepada negara.

"Dalam ketatanegaraan kita, saya ingin memastikan semuanya loyal pada negara, setia pada Pancasila, pada UUD, pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, pada kebhinekaan kita," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, dengan pertemuan langsung tersebut, dirinya bisa merasakan kesiapan semua prajurit TNI dan Polri dalam menjaga keutuhan NKRI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 4 November

  • tni-polri