Sukses

Ketua DPR Minta Pemerintah Waspadai Kebijakan Luar Negeri Trump

Pemerintah diminta perlu mengantisipasi kebijakan luar negeri yang akan diterapkan Presiden AS terpilih Donald Trump.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Ade Komarudin mengucapkan selamat atas kemenangan Presiden Amerika Serikat (AS) Terpilih 2016 Donald Trump. Meski begitu, pria yang karib disapa Akom ini mengaku kaget dengan kemenangan Trump. Ia menilai efek kebijakan Trump tentu akan berpengaruh terhadap negara-negara internasional.

Akom memberikan contoh di bidang ekonomi, dirinya beranggapan Trump akan menerapkan kebijakan yang protektif untuk AS. Yang tentu saja, kata dia, akan berdampak pada ekonomi global. Sehingga, menurutnya, Indonesia patut waspada agar tidak terkena dampak yang merugikan.

"Di bidang ekonomi, saya lihat beliau akan melakukan kebijakan proteksionis. Berarti semua, tidak hanya negara Asia Tenggara, China pun akan kena dampak. Ini betul-betul harus diwaspadai agar kita bisa memaksimalkan Presiden AS ini kita tidak kena kebijakan-kebijakan yang merugikan Indonesia," ungkap Akom di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Namun, Akom belum melihat gagasan politik luar negeri Trump terutama di kawasan Asia Tenggara. Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah juga perlu mengantisipasi kebijakan luar negeri yang akan diterapkan Trump.

"Masalah luar negeri Pak Trump tidak terlalu banyak mempromosikan gagasannya, termasuk Indonesia, untuk Asia Tenggara belum. Jadi kita masih menunggu apa kebijakan politiknya sekurang-kurangnya untuk Asia Tenggara," tegas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini