Sukses

Iriana Jokowi Tinjau Pemeriksaan Kanker Serviks di Puskesmas

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkeliling puskesmas di lima wilayah di Jakarta. Dia akan melihat langsung proses pemeriksaan dan deteksi kanker leher rahim atau serviks. Hal ini untuk memperingati Pekan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Pada Perempuan (IVA Test).

Iriana mengawali kunjungan ke Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, di Jalan Kalisari Raya. Iriana melihat langsung proses pemeriksaan terhadap para pasien di Puskesmas Tipe D Pemprov DKI Jakarta ini.

Setibanya di lokasi, Iriana ditemani istri Wakil Presiden Mufida Jusuf Kalla. Iriana mengenakan baju putih dengan syal biru tua, sedangkan Mufida juga mengenakan baju putih dibalut kerudung abu-abu.

Keduanya langsung bertemu dengan para pasien di aula Puskesmas. Iriana sempat menanyakan soal kondisi para ibu yang tengah menjalani pengobatan.

"Tahu dari mana ada pemeriksaan ini? Dari kelurahan, ya," kata Iriana di Puskesmas Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (11/10/2016).

Iriana mengingatkan para pasien agar tidak takut selama menjalani pengobatan. Sebab, pengobatan yang dijalani penting untuk kesehatan wanita.

"Jangan takut ya, pemeriksaan ini penting loh," imbuh dia.

Iriana sempat mendengarkan penjelasan dari Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi beserta Kepala BPJS Kesehatan Fahmi Idris.

Setelah itu, peninjauan dilakukan ke Puskesmas Pasar Minggu Jakarta Selatan, Senen Jakarta Pusat, Tambora Jakarta Barat, dan Puskesmas Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok Jakarta Utara.

Tampak sudah hadir di Puskesmas Pasar Rebo, Istri Gubernur DKI Jakarta Veronica Tan, istri Wakil Gubernur DKI Jakarta Heppy Djarot Saiful Hidayat, dan Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana.

Sementara, petugas keamanan gabungan dari Paspampres, TNI, Polri, dan Satpol PP sudah bersiaga di lokasi. Para warga juga sudah mulai berdatangan untuk menjalani pengobatan.