Sukses

Jelang HUT TNI, Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto

Kedatangan para petinggi militer tersebut disambut salah satu putri Soeharto yakni Titiek Soeharto.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo ziarah kubur ke makam mantan peng‎uasa Orde Baru, Soeharto, di Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah. Ziarah tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-71 TNI yang jatuh setiap 5 Oktober.

Sebelum ziarah ke makam Presiden ke-2 RI itu, rombongan Panglima TNI ‎juga menyekar ke makam Presiden pertama RI Sukarno di Blitar dan makam Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Jombang, Jawa Timur.

Juru kunci Makam Astana Giribangun, Sukirno mengatakan Panglima TNI ditemani para kepala staf serta para komandan dan prajurit.

"Rombongan ziarah bersama Panglima TNI komplet semua karena ada KSAD, KSAL, KSAU, Pangdam dan lainnya," kata Sukirno pada Rabu (28/9/2016).

Menurut dia, kedatangan para petinggi militer tersebut disambut salah satu putri Soeharto, yakni Titiek Soeharto. Setelah itu, rombongan pun melakukan transit sebentar di salah satu bangunan wisma di komplek makam tersebut.

Makam Soeharto (Liputan6.com/ Fajar Abrori)

"Ibu Titiek yang menyambutnya. Kemudian, setelah transit, rombongan Panglima TNI langsung menggelar upacara penghormatan. Selanjutnya rombongan masuk ke makam untuk nyekar dan doa bersama," jelas dia.

Gatot Nurmantyo juga berencana ziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini