Sukses

Kapolda-Wakapolda Riau Dicopot, Terkait Foto Terduga Bakar Lahan?

Kapolda Riau Brigjen Supriyanto akan ditempatkan di Irwil II Itwasum Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Gerbong Polri kembali bergerak seiring bergesernya beberapa perwira tinggi dan menengah. Kursi Kepala Divisi Propam yang sempat diisi Irjen M Iriawan kini diduduki Brigjen Idham Azis. 

Hal itu tercantum dari Surat Telegram Rahasia ST: 2325/IX/2016 tertanggal 23 September 2016. Dalam mutasi tersebut, mantan Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim itu akan menjabat posisi yang diemban jenderal bintang dua. Sebelumnya mantan Kapolda Sulawesi Tengah ini menjabat sebagai Irwil II Itwasum Polri.

Mutasi perwira tinggi juga dilakukan terhadap Kapolda Maluku Utara (Malut). Tongkat komando yang dipegang Brigjen Zulkarnain akan diestafetkan ke Brigjen Tugas Dwi Apriyanto yang sebelumnya menjabat Kepala Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdikpol Polri.

Zulkarnain selanjutnya akan menempati posisi sebagai Kapolda Riau yang dijabat sebelumnya oleh Brigjen Supriyanto. Sementara Supriyanto akan ditempatkan di Irwil II Itwasum Polri.

Tidak Hanya Kapolda, Wakapolda Riau juga dicopot dari jabatannya. Posisi yang ditempati Kombes Suharsono digantikan oleh Kombes Ermi Widyatno. Sementara Suharsono akan ditempatkan di Irbidjemen SDM Polri.

Disinggung apakah pergantian dua pejabat Polda Riau tersebut terkait dengan isu pejabat Polda Riau foto bareng bos perkebunan sawit‎, Kadiv Humas Boy Rafli Amar membantahnya.

"Tidak, hanya pergantian posisi saja," kata Boy, Jumat, 23 September 2016 malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.