Sukses

600 Kupon Daging Kurban untuk Korban Gusuran Kampung Aquarium

Liputan6.com, Jakarta Kendati telah berpindah tempat di rumah susun sewa (Rusunawa) yang dibangun Pemprov DKI Jakarta, namun warga eks Kampung Aquarium, Penjaringan Jakarta Utara tetap mendapatkan jatah daging kurban dari warga yang masih bertahan di sisa-sisa puing bangunan Kampung Aquarium.

Sebanyak 600 kupon pembagian daging kurban warga Aquarium sebagian akan diberikan kepada warga yang saat ini telah telah tinggal di rusun.

"Mereka tetap saudara kami, tetap warga Kampung Aquarium. Walau dapat pembagian daging dari tempat lain, mereka tetap kita berikan kupon," ujar Tropas salah seorang panitia kurban di Kampung Aquarium, Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (11/9/2016).

Panitia Idul Adha warga korban penggusuran Kampung Aquarium, Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara telah menerima empat ekor sapi dan lima ekor kambing untuk dikurbankan dan disembelih dalam perayaan Idul Adha 1437 Hijriah yang jatuh pada Senin, 12 September 2016 di Mushala Aljihad.

"Semua hewan kurban ini sumbangan dari para donatur, gak ada lagi yang dari kita," Tropas menjelaskan.

Ini merupakan kali pertama warga Kampung Aquarium merayakan Idul Adha di atas puing bekas penggusuran. Serta, ini kali pertamanya masyarakat kampung Aquarium tak bisa ikut berkurban.

Untuk Idul Adha sebelumnya, warga Kampung Aquarium biasa menyembelih hewan kurban dari iuran masyarakat. Bahkan, tidak sedikit juga perwakilan perorangan yang menyumbang hewan kurban.

"Kalau tahun ini jangankan untuk berkurban, untuk kebutuhan sehari-hari saja susah," ujar dia.

Tropas mengatakan nantinya hewan kurban tersebut akan disalurkan kepada warga Kampung Akuarium, baik yang masih bertahan di lokasi penggusuran maupun yang sudah pindah ke Rusun Marunda maupun Rawa Bebek.

"Kami sudah bikin 600 kupon, sengaja kami panggil yang di rusun juga biar bisa silaturahmi," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.