Sukses

Menteri Yohana: Pelanggan Prostitusi Anak Bakal Terjerat Pidana

Ada tiga aturan yang memungkinkan dapat menjerat para pelanggan prostitusi anak untuk gay.

Liputan6.com, Jakarta Prostitusi anak untuk gay mendapat perhatian serius Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana S Yembise. Ia bahkan mengatakan pelanggan penyuka sesama jenis prostitusi anak bakal dijerat secara pidana.

"Masih dikaji larinya ke (undang-undang) mana," ucap Menteri Yohana Yembise di Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu 3 September 2016, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, terdapat tiga aturan yang memungkinkan dapat menjerat para pelanggan prostitusi anak tersebut, yakni Undang-Undang tentang Perdagangan Orang, Undang-Undang tentang Perlindungan Anak, dan Undang-Undang tentang Pornografi.

Ia menuturkan hal tersebut diserahkan kepada Badan Reserse Kriminal Mabes Polri. "Akan dijajaki terus jaringan tersebut lewat Unit Cyber Crime Bareskrim," Yohana menambahkan.

Selain itu, ia berharap jangan sampai jaringan tersebut berpengaruh terhadap anak-anak lain. "Lindungi anak-anak kita, jaga hak-haknya."

Sebelumnya, Bareskrim Polri menangkap muncikari AR (41) di sebuah hotel di kawasan Cipayung, Jakarta Timur. Ia memperdagangkan anak-anak itu untuk penyuka sesama jenis kelamin.

Modus yang dilakukan muncikari AR yakni dengan menjual anak-anak tersebut melalui akun Facebook. AR memampang foto-foto korban tersebut di akunnya dengan tarif yang telah ditentukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.