Sukses

Survei IPO: Ganjar Pranowo Tak Terkalahkan Saat Duet dengan Erick Thohir

Dalam simulasi Pilpres yang digelar lembaga survei IPO, duet Ganjar-Erick mampu mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dan Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir konsisten berada di tiga besar bursa calon wakil presiden (Cawapres) 2024. Elektabilitas Erick Thohir yang tinggi dinilai mampu mendongkrak kemenangan calon presiden (Capres) yang dipasangkan dengannya.

Hal ini terlihat dari hasil simulai Pilpres 2024 yang digelar lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO), di mana Ganjar Pranowo tak terkalahkan saat berpasangan dengan Erick Thohir. Sementara ketika berpasangan dengan kandidat cawapres lain, suara Ganjar merosot. 

“Erick Thohir akan cukup baik memperkuat siapa pun yang akan dipasangkan,” kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah kepada wartawan, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Dalam simulasi pilpres IPO, pasangan kepala daerah dan menteri ini berhasil menjadi pilihan utama masyarakat. Seperti halnya ketika Ganjar-Erick berhadapan dengan duet Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar serta Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil.

Ganjar-Erick menempati posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 36,8 persen. Sedangkan pesaingnya yakni Prabowo-Muhaimin hanya memiliki elektabilitas sebesar 31,5 persen, dan Airlangga-Ridwan 19,4 persen.

Kondisi berbeda terlihat ketika Ganjar dipasangkan dengan Airlangga atau Puan. Ketika orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut dipasangkan dengan Airlangga ataupun Puan, justru terjadi penurunan elektabilitas.

Elektabilitas duet Ganjar-Airlangga hanya berada di angka 28,9 persen. Sedangkan ketika dipasangkan dengan Puan, elektabilitasnya menurun jauh hingga di angka 21,9 persen.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duet Ganjar-Erick Paling Potensial Maju di Pilpres 2024

Dengan demikian, duet Ganjar Pranowo – Erick Thohir dinilai menjadi pasangan paling potensial untuk diusung pada Pilpres 2024 mendatang. Hal ini mengingat pasangan tersebut mampu mengungguli paslon lainnya di simulasi kontestasi demokrasi mendatang.

Untuk diketahui survei IPO ini dilakukan pada 1-7 Maret 2023 dengan total responden sebanyak 1.200. Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2,90 persen dengan tingkat akurasi data 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.