Sukses

Orangtua Korban Vaksin Palsu Tuntut RS Harapan Bunda Transparan

Para orangtua korban meminta Kementerian Kesehatan mencabut seluruh kegiatan di RS Harapan Bunda.

Liputan6.com, Jakarta - Para orangtua yang anaknya menjadi korban vaksin palsu menuntut keterbukaan pihak Rumah Sakit (RS) Harapan Bunda dalam menangani masalah ini.

Dian (34), salah satu orangtua yang anaknya jadi korban vaksin palsu mengatakan, pihak RS Harapan Bunda seharusnya melakukan medical check up untuk anaknya. Dia menuntut transparansi terkait obat apa saja yang kini sudah mengalir di tubuh buah hatinya.

"Saya minta untuk sekarang vaksin ulang. Tapi sebelumnya, lakukan medical check up kepada anak saya," tutur Dian di RS Harapan Bunda, Kramatjati, Jakarta Timur, Rabu (20/7/2016).

Orangtua pasien lainnya, Niken (33) menambahkan, RS Harapan Bunda seharusnya lebih terbuka dalam menjelaskan efek jangka panjang vaksin palsu.

"Kami hanya meminta keterbukaan dari pihak rumah sakit, untuk mengetahui peredaran vaksin palsu ini. Apa kandungan yang ada di dalamnya. Jujur saja kita sebagai orangtua awam, kaget saat mengetahui vaksin di sini palsu. Dan efek jangka panjangnya seperti apa," kata Dian.

Perwakilan orangtua korban RS Harapan Bunda, August Siregar menyatakan, RS Harapan Bunda hingga saat ini belum kooperatif. Maka itu, para orangtua korban meminta Kementerian Kesehatan mencabut seluruh kegiatan di RS Harapan Bunda.

"Sehebat apa RS Harapan Bunda? Menteri Kesehatan dapat mencabut kegiatan di RS Harapan Bunda, kami sudah diterima DPR beberapa waktu yang lalu," ucap August.

Menurut dia, masalah vaksin palsu telah membuat resah. "Vaksin palsu lebih bahaya dari narkoba," ujar August.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.