Sukses

Destinasi: Menjelajah Masjid di Tengah Kota

Liputan6.com, Depok - Puasa Ramadan bukan berarti menghalangi kita untuk tetap beraktivitas. Tim Destinasi kali ini ingin mengajak Anda jalan-jalan sekaligus ibadah dan menambah wawasan di sejumlah masjid unik di wilayah Jabodetabek.

Tak terasa 20 hari sudah kita berpuasa. Meski puasa tapi jangan sampai agenda jalan-jalan Anda terganggu. 

Tepat di Jalan Meruyung, Kelurahan Limo, Depok, Jawa Barat, jadi pilihan pertama. Masjid ini selalu bikin penasaran karena satu kubah utama dan empat kubah kecil dilapisi emas asli 24 karat setebal dua sampai tiga milimeter dan mozaik kristal.

Sebelum masuk masjid, ada sejumlah tata tertib yang harus diikuti para jamaah demi kenyamanan bersama.

Masuk ke dalam masjid Kubah Emas, terdapat sejumlah pilar-pilar kokoh menjulang tinggi menciptakan skala ruang yang agung. Lampu gantung tepat di bagian tengah pun menambah keindahan masjid ini.

Bagian utama masjid pun bisa menampung 8 ribu jamaah di dalamnya.

Tim Destinasi bersyukur diberikan kesempatan untuk melihat masjid termegah di Asia Tenggara ini.

Dari Depok, tim Destinasi masih akan mejelajah masjid unik. Masjid perahu di kawasan Casablanca, Jakarta Selatan.

Nama masjid ini sebenarnya masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman. Namun lebih dikenal masjid perahu, karena memang bentuknya seperti perahu.

Dari cerita pengelola masjid, keberadaan perahu ini terinspirasi dari kisah Nabi Nuh yang saat itu mengajak umatnya untuk naik ke perahu agar selamat dari azab Allah berupa air bah.

Walaupun berada di antara gedung-gedung tinggi, ternyata banyak juga jamaah yang datang untuk mengikuti salat berjamaah.

Di masjid perahu ini, ada Alquran raksasa yang berada di ruang perpustakaan. Ukurannya cukup besar sekitar 2 x 1,5 meter. Bahkan, sampul luar dari Alquran ini terbuat dari kayu jati asli.

Selain Alquran, di ruangan ini juga terdapat sejumlah batu akik dengan ukuran yang besar. Batu akik yang berasal dari sejumlah wilayah ini dibingkai dengan kotak kaca.

Di balik kemegahan Ibu Kota terselip banyak masjid yang memiliki keindahan dan keunikan yang berdiri kokoh di sekitar kita.