Sukses

Bangkai Kapal Dumai Ekspres Ditemukan

Liputan6.com, Batam: Tim SAR, Jumat (4/12), akhirnya menemukan bangkai kapal MV Dumai Ekspres 10 yang tenggelam beberapa waktu lalu di sebelah utara Pulau Tokong Hiu, Batam, Kepulauan Riau. Untuk mencapai lokasi tenggelamnya kapal, Tim SAR menggunakan kapal KRI Pulau Romang 723 dan dibantu alat-alat sidescan sonar ketika melakukan penyelaman.

Lokasi bangkai kapal berada di kedalaman kurang lebih 40 meter. Lokasi itu juga sudah bergeser sekitar dua kilometer dari kejadian awal. Dalam penyelaman, Tim SAR juga menemukan serpihan kapal fiberglass dengan tempelan rambut yang diduga milik korban yang masih terjebak dalam kapal.

Tim SAR akan kembali melakukan penyelaman pada Sabtu besok, namun belum dipastikan kapan bangkai Dumai Ekspres 10 itu ditarik ke darat. Sebab belum diketahui siapa yang akan menanggung biaya penarikan bangkai kapal.

Dumai Ekspres tenggelam pada 22 November lalu di perairan Tukong Iyu, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau [baca: Kapal Penumpang Dumai Express 10 Tenggelam]. Data terakhir yang diperoleh dari Posko Lanal Karimun menyebutkan sedikitnya 40 orang tewas, 39 orang hilang, dan 255 orang selamat.(TES/YUS)