Sukses


Sambangi MPR, Iran Ingin Parlemen RI Perkuat Hubungan

Dalam kunjungannya tersebut, Vaiollah juga turut menyampaikan undangan resmi kepada Zulkifli Hasan untuk berkunjung ke Teheran.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Iran untuk Indonesia Vaiollah Mohammadi menyambangi Gedung DPR-MPR. Vaiollah pun diterima hangat oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Vaiollah menilai, hubungan negaranya dengan Indonesia telah berjalan baik dan konstruktif selama bertahun-tahun. Banyak yang bisa digali dari kerja sama antara RI dan Iran.

"Parlemen Indonesia punya peran yang besar dan penting, untuk menjaga hubungan kedua negara. Jika parlemen terus menjaga, hubungan kedua negara bisa berkembang yang lebih jauh, karena parlemen merupakan perwakilan rakyat,'' kata Vaiollah di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Dalam kunjungannya tersebut, Vaiollah juga turut menyampaikan undangan resmi kepada Zulkifli Hasan untuk dapat berkunjung ke Teheran dan berinteraksi dengan pejabat di sana.

Vaiollah yakin, ketika Zulkifli berkunjung ke Iran akan melihat keadaan di Timur Tengah dari dekat. Seperti wilayah Iran yang dipaksakan negara-negara barat, sehingga menyebabkan keterbatasan.

''Dalam kunjungan nanti, semoga Anda dapat melihat keterbatasan ini tidak dapat menghambat negara kami untuk berkembang,'' ujar dia.

Vaiollah mengungkapkan, Iran telah bersepakat dengan negara-negara tetangga, menyusul sanksi-sanksi yang secara perlahan sudah dicabut negara barat.

Dia percaya, kunjungan Ketua MPR pascakesepakatan ini dapat mempengaruhi hubungan kedua negara, terutama di bidang perdagangan.

Menanggapi Vaiollah, Zulkifli menjamin Parlemen RI mendukung penuh hubungan dagang antara kedua pemerintahan. Apalagi, Indonesia juga sering mengunjungi Iran, agar menjaga hubungan kedua negara lebih kuat lagi.

"Kami mendukung penuh hubungan kedua negara. Parlemen kita juga sering berkunjung ke Iran," tandas Zulkifli seraya menutup pertemuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.