Sukses

VIDEO: Menhub Pastikan Mudik Lebaran 2016 Aman

Pihak Kementerian Perhubungan menyebutkan Lebaran kali ini akan ada kenaikan angkutan mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang mudik Lebaran, satu per satu kelengkapan bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat diperiksa Kepada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Adriani Sinaga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (6/6/2016), saat memeriksa bus ini Elly menegur pengemudi bus yang memodifikasi busnya dengan menyediakan ruang merokok. 

Dari hasil inspeksi, dari sekitar 300 armada bus di 10 terminal di Jakarta, hanya 20 persen atau sekitar 60 bus yang laik jalan. Penyebab ketidaklaikan meliputi kondisi ban, rem, serta tidak tersedianya alat keselamatan.

Untuk itu pengelola diminta segera memperbaiki armadanya. Jika tidak akan dilarang mengangkut penumpang saat mudik Lebaran tiba.

"Kita cek semua itu bus-bus yang ada di terminal. Kami akan melakukan cek untuk semua bus. Bukan sampling," jelas Elly Andriani Sinaga.

Di lain pihak, pemerintah memastikan mudik Lebaran 2016 akan berlangsung aman dan lancar. Pihak Kementerian Perhubungan menyebutkan Lebaran kali ini akan ada kenaikan angkutan mudik.

"Kalau mudik, ya saya kira jalan saja. Kalau jumlah sarana, rata-rata tiga sampai empat persen lebih banyak dari tahun lalu lah. Kalau pesawat terbang, jumlahnya lebih banyak, hampir lima persen lebih, " jelas Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Pemerintah juga sudah menyiapkan kebutuhan bahan bakar saat mudik Lebaran nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.