Sukses

Harkitnas, Menteri Puan Ajak Rakyat Jadi Agen Perubahan

Menteri Puan mengajak seluruh masyarakat untuk terus bekerja sama dan bergotong-royong membangun NKRI.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Kaimana, Papua Barat. Peringatan itu sekaligus menjadi Acara Puncak Tim Ekspedisi NKRI 2016 Koridor Papua dan Papua Barat.

Puan mengajak seluruh masyarakat untuk terus bekerja sama dan bergotong-royong membangun NKRI. Ia mengutip salah satu pidato Presiden Sukarno tahun 1958, bahwa semua masyarakat harus berani untuk melangkah ke masa depan dan meninggalkan masa lalu.

"Ingat, Kaimana mempunyai legenda tentang burung raksasa. Garuda Kaimana adalah simbol tekad masyarakat Kaimana. Semangat Kaimana sangat penting untuk membangun bangsa ini," tegas Puan, Jumat 21 Mei 2016.

 

Dalam membangun bangsa, hal pertama yang dilakukan adalah dengan mengubah diri sendiri. Karena itu pemerintah telah mencanangkan program Revolusi Mental.

"Lakukanlah usaha perubahan mulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan masyarakat. Jadilah agen perubahan dengan menanamkan dan menjalankan dalam kehidupan sehari-hari praktik perilaku yang dapat dipercaya, bertanggung jawab, kerja keras, optimistis, kerja sama, toleran, dan memperkuat ke-bhinekaan. Inilah langkah awal untuk kerja nyata, mandiri dan berkarakter," pesan dia.

Peringatan Harkitnas tersebut dihadiri Bupati Kaimana Matius Mairuma, Gubernur Papua Barat Abraham Oktavianus Attaruri, Kapolda Papua Barat Paulus Waterpauw, Ketua MRP Papua Barat Vitalis Yumte, dan Pangdam Cendrawasih Mayjen Hinsa Siburian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini