Sukses

Arsitek Masjid Salman Bandung Tutup Usia

Ahmad Noeman berpandangan, kubah adalah struktur, bukan identitas sebuah masjid.

Liputan6.com, Jakarta - Arsitek besar perancang Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) dan beberapa masjid fenomenal Ahmad Noeman tutup usia.

Seperti keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (4/4/2016), perancang masjid Indonesia di Bosnia itu wafat hari ini pukul 15.43 WIB di Rumah Sakit Borromeus Bandung pada usia 90 tahun.

Jenazah Noeman rencananya akan disalatkan di Masjid Salman ITB, Selasa 5 April 2016, pukul 09.00 WIB, dan dimakamkan di TPU Cikutra.

Jenazah pria kelahiran Garut 10 Oktober 1926 itu, saat ini disemayamkan di Jalan Karangluyu 10, Kota Bandung.

Masjid Tanpa Kubah

Ketertarikan Noeman di dunia arsitektur diawali ketika ia kerap mengikuti perjalanan bisnis ayahnya, yang seorang saudagar batik dalam pengembangan organisasi Muhammadiyah di Garut.

Pada saat itu, sang ayah kerap melakukan pengadaan bangunan-bangunan baru seperti sekolah, rumah yatim, dan masjid.

Meski belum menjalani pendidikan formal sebagai seorang arsitek, Noeman sudah mulai membantu sang ayah mendesain bangunan melalui gambar-gambar sederhana.


Pendidikan formal arsitektur Noeman diawali pada tahun kedua kuliahnya di teknik sipil, ketika jurusan arsitektur dibuka di ITB. Pada masa kuliah, dia dikenal sebagai mahasiswa dengan ide yang meletup-letup.

Karena itu, seorang dosen menjuluki Noeman sebagai 'coca-cola head'. Pada 1958, selepas masa perkuliahannya di ITB, Noeman mendirikan Biro Arsitektur Achmad Noeman (Birano) hingga kini.
 
Kontroversi desain Masjid Salman yang berlokasi di dalam lingkungan kampus ITB, membuat nama Achmad Noeman dikenal. Banyak pihak yang memahami desain masjid, haruslah memiliki kubah.

Namun melalui pemahaman dasar-dasar pemikiran bangunan ibadah umat muslim ini, Noeman memiliki pendapat lain. Kubah adalah struktur, bukan identitas sebuah masjid.

Selain itu, kesempurnaan barisan salat yang selalu menjadi pertimbangan utama, menjadikan konsep desain masjid tanpa tiang di dalamnya.

Pemikiran dan pemahaman Noeman dituangkan dalam arsitek masjid antikubah melalui karya-karyanya. Di antaranya Masjid Islamic Centre, Istiqlal, dan At-Tin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.