Sukses

Gerhana Matahari Total, Langit Palu Redup Selama 2 Menit

Gerhana matahari total terjadi di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (9/3/2016) pagi.

Liputan6.com, Palu - Gerhana matahari total terjadi di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (9/3/2016) pagi. Langit Palu pun meredup selama 2 menit 15 detik.

Pantauan Liputan6.com, tepat pukul 8.40 Wita suasana di Pantai Talisa, Palu seperti saat sore hari menjelang malam. Warga histeris ketika bulan mulai menutup sebagian matahari.

Saat matahari tertutup total oleh bulan, para warga yang menyaksikan bertepuk tangan, berfoto selfie, hingga berdoa. Setelah 2 menit 15 detik langit Palu meredup, matahari mulai menampakan diri.

Keriuhan pun kembali terjadi saat matahari muncul. Selang beberapa detik lagu 'Terlalu Manis' langsung didendangkan grup band Slank.

Warga yang menyaksikan gerhana matahari total di Anjungan Nusantara, Pantai Talise pun langsung berlari mendekat ke panggung Slank.

1.000 Lampion

Untuk memeriahkan nonton bersama fenomena gerhana matahari total, Persatuan Gate Ball Seluruh Indonesia (Pergatsi) membagikan lampoin kepada masyarakat di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah. Salah seorang panitia menyebutkan jumlah lampion yang dibagi sebanyak 1.000 dan dibagikan secara gratis.

Lampion terbuat dari kertas kalkir dengan bagian bawah direkatkan dengan papan kecil berisi sumbu. Begitu api di sumbu dinyalakan, lampion mengembang dan menghiasi langit Pantai Talise.

Gerhana matahari dimulai pada pukul 07.29 Wita. Masyarakat pun memandang ke langit menggunakan kacamata khusus dengan optical density 5.

Meski demikian, ada pula beberapa masyarakat yang menggunakan kacamata hitam biasa melihat ke atas. Namun, mereka yang tidak memakai kacamata khusus pun hanya sebentar saja memandang langit karena masih terlalu silau.

GMT pertama terjadi pada 1983 di era Presiden Soeharto. Saat itu, pemerintah melarang warga untuk melihat fenomena alam ini. Diperkirakan fenomena serupa akan terulang pada 2042 mendatang.


*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di tautan ini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.