Sukses

Gedung Mangkrak Jadi Tempat Favorit Warga Jakarta Lihat Gerhana

Sebuah gedung mangkrak di kompleks TIM menjadi tempat favorit para pengunjung untuk mengamati gerhana.

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja kelakuan warga dan pengunjung yang memenuhi Planetarium, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Demi fenomena langka ini, mereka berlomba mencari tempat yang pas untuk mengabadikan gerhana matahari sebagian di langit Jakarta.

Sebuah gedung mangkrak di kompleks TIM pun menjadi tempat favorit para pengunjung untuk mengamati gerhana. Di gedung itu warga terlihat serius mengamati gerhana yang sudah mulai terlihat sekitar pukul 06.19 WIB.

Salah seorang warga, Sahat (34), mengaku cukup puas mengamati gerhana dari gedung mangkrak berlantai 5 itu. Dari lantai paling atas, Sahat bersama Iwan asyik mengabadikan momen langka tersebut.

"Di sini paling keliatan gerhananya," ucap Sahat sambil mengenakan kacamata khusus gerhana di lokasi, Rabu (9/3/2016).

Tak mudah bagi Sahat dan Iwan untuk mencapai lantai paling tinggi di gedung mangkrak itu. Selain konstruksi bangunan yang berantakan, Sahat mengaku sempat diperingatkan petugas keamanan untuk tidak merangsek naik ke gedung. Sebab, gedung tersebut dianggap tidak layak untuk ditempati.

"Sempat diperingatkan sama satpam tadi. Tapi mau bagaimana lagi, sudah paling keliatan gerhananya di sini," imbuh dia.

Pengunjung Planetarium di gedung Mangkrak itu tak hanya Sahat dan Iwan. Ada puluhan pengunjung lainnya yang sedang asyik mengamati gerhana.

Meski tercium aroma menyengat bau sampah di gedung itu, warga masih saja terlihat antusias memandang matahari yang tertutup bayangan bulan. Wajar saja, di sebelah gedung mangkrak itu terdapat tempat pembuangan sampah sementara (TPS) milik kompleks TIM.

Sebelumnya, gerhana matahari total akan berlangsung di beberapa wilayah Indonesia pada Rabu (9/3/2016) pagi. Fenomena alam yang langka ini layak diamati.

Di Indonesia, ada 12 provinsi yang dapat terlihat jelas gerhana matahari total ini, yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.


*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.