Sukses

Delegasi KTT OKI Lewat Rute Khusus Hindari CFD

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menyiapkan rute khusus bagi para tamu negara dan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam atau KTT LB OKI, yang akan menuju Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Langkah tersebut dilakukan agar tak mengganggu kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) yang bisa digelar setiap hari Minggu.

"Ada rute-rute yang kami siapkan khusus untuk menghindari CFD," ujar Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian saat meninjau pengamanan di lokasi penyelenggaraan KTT Luar Biasa OKI di JCC, Minggu (6/3/2016) pagi seperti dikutip dari Antara.

Tito mengatakan, kepolisian mengerahkan 4.200 personel untuk mengamankan rute, penginapan, akomodasi, serta lokasi konferensi.

"Pengamanan dimulai jam 09.00 pagi (WIB) baik di ring 1, 2, dan 3, terutama di ring 1 pengamanan ketat dan harus steril," kata Tito.

Sedangkan di ring 2 dan ring 3, keamanan tetap diberlakukan namun diupayakan tidak mengganggu kegiatan olah raga warga Jakarta selama CFD.

Lalu lintas di sekitar Senayan juga terpantau lancar, dan warga pun tidak kesulitan mengakses Gelora Bung Karno (GBK) yang menjadi tujuan utama aktivitas olahraga setiap Minggu.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menggelar apel pasukan untuk mempersiapkan pengamanan sejumlah kepala negara atau kepala pemerintahan dan organisasi serta delegasi yang hadir dalam KTT OKI. Dikerahkan sejumlah unit yang terdiri atas Satuan Brimob, Sabhara, Lalu Lintas dan Direktorat Pengamanan Objek Vital (Obvit).

KTT OKI yang secara khusus akan membahas isu Palestina dan Al Quds Al Syarif diikuti lebih dari 500 delegasi dari 49 negara anggota termasuk pada tingkat kepala negara/pemerintahan. Termasuk delegasi 3 negara pengamat, 4 negara-organisasi Kuartet Negosiasi Palestina-Israel dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.