Sukses

VIDEO: Kreativitas Kaum Ibu di Medan Sulap Sampah Jadi Rupiah

Bernaung di bawah bank sampah, para Ibu ini mengolah sampah menjadi berbagai hiasan yang laku dijual.

Liputan6.com, Klaten - Diawali apel di halaman kantor Pemkab Klaten, Jawa Tengah, ratusan warga menyusuri berbagai sudut Kota Klaten, termasuk Pasar Induk. Mereka memungut sampah yang berserakan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (21/2/2016), bersih-bersih lingkungan dari sampah ini adalah cara warga Klaten menyambut Hari Bebas Sampah Nasional yang diperingati 21 Februari.

Berbekal kantong plastik dari rumah masing-masing, warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menyingkirkan sampah di lingkungan mereka. Dari kampung hingga kota bahkan Pantai Bahari. Hasilnya dalam sekejap, Polewali Mandar bersih, indah dan rapi.

Sampah memang masalah kita semua. Di mana pun, tak terkecuali di kawasan wisata terkenal seperti Pantai Kuta, Bali. Selain dari pengunjung, Pantai Kuta juga dikotori sampah yang terbawa gelombang angin barat.

Namun sampah tak melulu masalah. Di tangan yang kreatif dan ulet, sampah bisa mendatangkan rupiah, seperti dibuktikan kaum ibu di Jalan Gerhana, Medan Selayang, Medan. Bernaung di bawah bank sampah, mereka mengolah sampah menjadi berbagai hiasan yang laku dijual.

Bila diperlakukan dengan bijak, sampah memang bukan masalah. Sayangnya sebagian masyarakat kita masih berlaku serampangan, misalnya membuang sampah sembarangan. Perilaku yang mestinya harus segera ditinggalkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.