Sukses

Tiba di Tanjung Priok, 823 Eks Gafatar Ditampung di Asrama Haji

Sebanyak 823 warga eks Gafatar tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 823 warga eks Gafatar tiba di dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan menumpang kapal KRI Teluk Bone 511. Selama 3 hari dua malam mereka menempuh perjalanan dari Pontianak menuju Jakarta. Mereka akan dipulangkan ke daerah masing-masing setelah ditampung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Komandan Lantamal 3 Jakarta Brigjen Marinir Trusono menjelaskan, dari total 823 warga eks Gafatar yang dipulangkan hari ini terdiri dari 337 anak-anak. Dan sisanya 486 orang dewasa serta manula.

Ia juga menuturkan, beberapa warga eks Gafatar yang sakit saat ini akan langsung dirujuk ke RS Koja, Jakarta Utara.

"Rencananya akan ditampung di Wisma Haji Pondok Gede. Jumlahnya 823 orang. Banyak yang sudah berkeluarga, bapak, ibu, dan anak-anak. Memang ada beberapa yang sakit. Sakitnya memang bukannya karena sakit perjalanan, namun sudah sakit dari sananya karena kurang istirahat," kata Trusono di lokasi, Jakarta Utara, Kamis (28/1/2016).

Ia melanjutkan, baik sebelum atau dalam perjalanan pihaknya bersama kementerian sosial juga sudah memberi pemahaman dan penjelasan kepada warga eks Gafatar terkait aset yang mereka tinggalkan dan kondisi di penampungan nanti sebelum kembali ke daerahnya.

"Mereka ini adalah rekan-rekan kita, dan mereka sudah menyadari dan sudah akan kembali ke daerah masing-masing," kata dia.

Kedatangan warga eks Gafatar hari ini merupakan gelombang kedua yang tiba usai berangkat dari Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalbar.

Sebelumnya, sebanyak 712 jiwa eks anggota Gafatar tiba di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mereka tiba dari Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalbar dengan menumpang kapal KRI Teluk Banten 516.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.