Sukses

Solusi Macet Arus Balik Liburan Natal, Jasa Marga Bebaskan GTO

Liputan6.com, Jakarta - Petugas gabungan mulai mempersiapkan langkah-langkah, guna mencegah kemacetan panjang pada puncak arus balik liburan Natal 2015. Diperkirakan, puncak arus balik terjadi Minggu 27 Desember.

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman mengatakan, pihaknya akan mempermudah pengendara dalam menggunakan jalan tol. Seperti melewati Gardu Tol Otomatis (GTO), bilamana ruas-ruas tol arah ke Jakarta terjadi kemacetan panjang.

"Jasa Marga menyiapkan untuk semua gardu, baik Cikampek, Merak dan pintu tol lainnya. Gardu yang ada GTO nya silakan dilalui," kata Adityawarman di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (26/12/2015).


Dia menegaskan, para pengendara tidak perlu khawatir bila nantinya membayar biaya tol di pintu tol GTO. Jasa Marga, akan menanggung biayanya.

"Nanti akan dibayar lebih dulu oleh Jasa Marga. Nanti ada petugas kami di tiap-tiap gerbang tol nanti yang menjaga gerbang tolnya," jelas Adityawarman.

Hanya saja, ia kembali mengingatkan, GTO akan dibuka bila kemacetan mengular di ruas jalan tol pada saat arus balik. Sehingga dapat memperlancar arus lalu lintas.

"Tapi kita imbau jangan masuk semua ke sana. Nanti GTO semua yang dipilih, manualnya kosong," pungkas Adityawarman.