Sukses

Cegah Macet Arus Balik Libur Natal, Sistem Contraflow Disiapkan

Contraflow, sambung dia, akan diberlakukan situasional tergantung tingkat kepadatan kendaraan di ruas tol, khususnya di Tol Cikampek.

Liputan6.com, Jakarta - Persiapan terus dilakukan aparat gabungan dari Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI, serta Jasa Marga guna mencegah terjadinya kemacetan panjang pada saat arus balik liburan Natal 2015. Diprediksi puncak arus balik mulai terlihat pada Minggu besok.

Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan sistem contraflow. Hal ini guna mencairkan arus balik kendaraan dari luar yang akan masuk Jakarta.

Contraflow, sambung dia, akan diberlakukan situasional tergantung tingkat kepadatan kendaraan di ruas tol, khususnya di Tol Cikampek.

"Misalnya, kalau masuk dari tol Cikampek menuju Jakarta, kan biasanya pukul 12.00 WIB dan 13.00 WIB sudah mulai padat. Kita akan terapkan contraflow," kata Adityawarman di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (26/12/2015).

"Dari pengalaman kita, sekitar pukul 17.00 WIB atau 18.00 WIB juga padat, itu kemungkinan akan dilakukan sistem contraflow," imbuh dia.

Contraflow nantinya akan diberlakukan sepanjang 17 kilometer di Tol Cikampek. Dari kilometer 65 sampai kilometer 48 menuju Jakarta. Sehingga ada 4 jalur dari Tol Cikampek menuju ke Ibu Kota.

"Dari kilometer 65 ada 3 lajur, kita tambah dengan contraflow. Sehingga ada 4 lajur ke Jakarta. Mudah-mudahan bisa lancar," tandas Adityawarman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.