Sukses

Penyebab Gempa Bumi di Pandeglang Terasa Hingga Jakarta

Liputan6.com, Banten - Gempa berkekuatan 5,2 skala Richter di Pandeglang, Banten, berlangsung 4 detik. Meski terasa hingga Jakarta, gempa yang berpusat di bagian barat Ujung Kulon atau berada di kedalaman laut 10 km dipastikan tidak menimbulkan kerusakan.

"Masyarakat di sekitar Kabupaten Pandeglang merasakan guncangan lemah selama 4 detik. Tidak ada kepanikan. Kondisi normal. Tidak ada kerusakan akibat gempa," kata kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (04/11/2015).

Gempa tersebut terjadi pada lempengan Eurasia. Gempa bisa terasa sampai wilayah Jakarta dikarenakan adanya perambatan gempa melalui batuan. Terlebih, batuan penyusun Jakarta adalah material aluvium sehingga mudah bergetar.

"Warga Jakarta yang berada tempat tinggi di gedung ‎bertingkat merasakan guncangan hingga sedang," terang Sutopo.

Dirinya memprediksi gempa susulan bisa terjadi kapan saja tanpa dapat diprediksi waktu dan kekuatan gempanya. "Gempa bumi adalah bencana yang memiliki perulangan. Kita tidak bisa memprediksikan kapan terjadi gempa secara pasti," tegas Sutopo. (Mut)