Sukses

Wakil Rektor Atma Jaya: Daniel Meninggal Diduga Karena Dehidrasi

Daniel dikabarkan meninggal karena kelelahan mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan Resimen Mahasiswa (Menwa).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Rektor III Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Makdin Sinaga mengaku belum dapat menyimpulkan penyebab meninggalnya Daniel Vicli Perdamean Tambunan, mahasiswa semester awal Fakultas Hukum kampusnya.

Daniel dikabarkan meninggal karena kelelahan mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan Resimen Mahasiswa (Menwa) atau yang sekarang disebut Bela Negara.

"‪Belum kita rampungkan. Infonya dehidrasi akut. Tapi masih belum kita dalami. Info itu belum cukup," kata Makdin di ruangannya, Gedung Rektorat Unika Atma Jaya, Semanggi, Selasa 27 Oktober 2015.

Tim pencari fakta yang dibentuk pihak kampus untuk mengumpulkan informasi terkait tewasnya Daniel pun belum mendapatkan informasi yang signifikan, seperti riwayat kesehatan Daniel yang seharusnya bisa ditanyakan ke pihak keluarga sebagai penerang sebab kematian pemuda 18 tahun itu.

"Kami belum membicarakan itu dengan keluarganya karena masih suasana duka. Tadi saya dan beberapa mahasiswa hanya mendatangi rumah duka sampai pemakaman," jelas Makdin.

Makdin pun mengaku belum mengantongi laporan tim pencari fakta yang bekerja sejak kemarin. Ia mengatakan tidak ada informasi yang ia dapat terkait hasil pemeriksaan tim terhadap unit penyelenggara dan 16 peserta mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan itu.

"Laporannya (pemeriksaannya) belum saya terima dari tim penyelidik," imbuh dia.

Daniel sebelumnya jatuh sakit saat mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bela Negara pada Sabtu 24 Oktober dan tewas pada Senin subuh 26 Oktober usai dirawat sehari di RS Jakarta. (Ron/Dan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.