Sukses

Kabut Asap Tunda 4 Penerbangan di Bandara Kualanamu Sumut

Kabut asap ini membuat jarak pandang di bandara hanya berkisar 800 meter, sehingga mengganggu aktivitas penerbangan.

Liputan6.com, Deli Serdang - Kabut asap yang kembali menyelimuti sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara menyebabkan 4 penerbangan di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, tertunda.

Pelaksana Tugas Manajer Humas dan Protokoler Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto menyebutkan terkait kabut asap ini, jarak pandang di bandara hanya berkisar 800 meter. Hal itu tentunya sangat mengganggu aktivitas penerbangan.

"Parah sekali kabutnya hari ini, ada 4 penerbangan yang mengalami penundaan. Di antaranya maskapai penerbangan Garuda dan Wings Air dengan tujuan Sibolga dan Gunung Sitoli," ucap Wisnu di Deli Serdang, Kamis (22/10/2015).

Ia menerangkan, untuk penerbangan ke daerah lain seperti Jakarta, Bandung dan daerah lainnya tidak mengalami kendala. Begitu pula dengan penerbangan luar negeri seperti menuju Kuala Lumpur dan Singapura.

"Kalau untuk daerah yang diduga asap berasal seperti Pekanbaru, Jambi, Palembang dan Pontianak tidak ada, karena di sana juga sedang tidak ada aktivitas penerbangan," terang Wisnu.

Dengan adanya kabut asap yang menyelimuti Bandara Kualanamu, Wisnu mewakili pihak bandara berharap para pengguna jasa penerbangan memahami hal tersebut untuk mengutamakan keselamatan.

"Kita harap para pengguna jasa penerbangan memahami kondisi, semua untuk keselamatan bersama," tandas Wisnu Budi Setianto.

Dalam 3 hari terakhir, sejumlah wilayah di Sumatera Utara termasuk Kota Medan diselimuti kabut asap yang begitu pekat. Hal ini juga mengakibatkan warga menderita perih di mata. Para pengendara pun harus menggunakan masker. (Ans/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.