Sukses

Udara di Jambi Hari Ini Sangat Beracun

Indeks pencemaran udara di Provinsi Jambi melebihi level berbahaya.

Liputan6.com, Jambi - Indeks Standar Polusi udara (ISPU) di Jambi hari ini masuk kategori sangat berbahaya. Sebab, sejak pukul 10.00 WIB di daerah itu ISPU mencapai angka 691.

Angka ini masuk kategori sangat berbahaya, karena rentang ISPU yang masuk kategori berbahaya saja mencapai 300-500. Sementara rentang ISPU yang baik adalah 0-50.

Akibat udara yang sangat beracun ini, Pemerintah Kota Jambi meminta sekolah memulangkan siswanya lebih awal.

"ISPU di angka 691. Agar hari ini sekolah memulangkan siswanya lebih awal," demikian bunyi siaran pers Pemkot Jambi yang diterima Liputan6.com, Rabu (21/10/2015).

Kenaikan ISPU hingga 100 persen ini akibat kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Nalotantan Kabupaten Merangin, Jambi sulit dipadamkan.

Menurut Kapolres Merangin, AKBP Mungaran Kartayuga, luas lahan yang terbakar di kawasan Sungai Ulak itu sekitar 9 hektar. Selain karena lokasi yang sulit dijangkau, teriknya matahari serta angin kencang memudahkan api cepat menjalar dan meluas.

"Luas yang terbakar sekitar 9 hektar, namun akan terus dilidik karena masih ada lokasi yang belum terjangkau," kata Mungaran. (Nil/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.