Sukses

Normalisasi Ciliwung Diprotes, Ahok Pamer Pengetahuan Geologi

Ahok menilai, upayanya memberikan turap berupa sheet pile di Sungai Ciliwung tak akan berdampak buruk pada lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta bersiap menghadapi musim hujan. Sejumlah langkah pun sudah dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok demi mencegah banjir.

"Kita kejar terus saja. Lihat saja di wilayah Ancol, kita sudah mulai kuras lalu mulai kirim untuk bersihkan lumpur," kata Ahok di Balaikota, Jakarta, Senin (12/10/2015).

"Makanya saya bilang, perbaiki Jakarta itu nggak butuh terlalu pintar. Semua masalah sudah tahu. Solusinya sudah tahu. Pompa masih jalan, waduk mesti dikeruk. Sungai mesti dikeruk, kali juga," imbuh dia.

Ahok tak mau pusing dengan perlawanan para aktivis lingkungan terhadap proyek normalisasi dan betonisasi Sungai Ciliwung. Ahok menilai, upayanya memberikan turap berupa sheet pile di Sungai Ciliwung tak akan berdampak buruk pada lingkungan.

Jika tak menggunakan sheet pile diperlukan lahan selebar 60 meter sebagai turap alami di Ciliwung. Sedangkan lebar Sungai Ciliwung yang semula cuma 20-30 meter saja, kini hanya tinggal 5 meter.

"Kita bisa berdebatlah ya sama mereka. Kan kita tidak semen bawahnya. Sekarang saya tanya sama kamu, ini kota sudah jadi, kamu (aktivis) nggak mau sheet pile itu sungai yang ada di kota," tutur Ahok.

"Berarti kamu butuh 60 meter lebarnya pakai alam. Bisa nggak kamu korbanin? Ngambil jalan inspeksi saja sudah marah-marah, menggusur yang nguruk sungai saja sudah marah-marah," tutur Ahok.

Ahok mengatakan, sangat sulit mengabulkan permintaan para aktivis lingkungan yang mendesak agar Gubernur menggunakan sistem alami di semua proses normalisasi sungai.

"Ya mana bisa. Kalau kamu mau begitu pendek, posisi alami, roboh nggak diinjek mobil? Ada beberapa yang ingin kita coba alami. Makanya yang ngomong itu kasih tahu kalau geologi saya nggak terlalu jelek," tegas Ahok.

Namun, kata dia, ada beberapa daerah di Ibukota yang memang sengaja dinormalisasi secara alami tanpa sheet pile.

"Di daerah Condet. Jadi makin ke hulu nggak kita sheet pile karena di kota nggak bisa. Seluruh dunia ya sheet pile. Tapi makin ke atas, ya enggak, makanya kita ingin kasih bantuan dana kepada Kabupaten Bogor untuk bisa rapihin ke atas," pungkas Ahok. (Ndy/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini