Sukses

Berbatik Cokelat, SBY-Wiranto Hadiri Bedah Buku Transformasi TNI

Buku Transformasi TNI yang ditulis Agus Widjojo ini membahas konsep TNI profesional dalam sistem politik demokrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan mantan Panglima ABRI (sekarang Panglima TNI)‎ Wiranto menghadiri bedah buku Transformasi TNI, Dari Pejuang Kemerdekaan Menuju Tentara Profesional dalam Demokrasi: Pergulatan TNI Mengukuhkan Kepribadian dan Jati Diri.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat dan Ketua Umum DPP Partai Hanura itu sama-sama mengenakan kemeja batik warna cokelat saat menghadiri bedah buku karya Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo tersebut di CSIS Center, Gedung Parketi, Jalan Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Senin (28/9/2015).

Pensiunan TNI bintang 4 tampak duduk sejajar di baris paling depan, meski tidak bersebelahan.

Buku ini dibedah dan diskusikan oleh sejumlah narasumber. Di antaranya pengamat politik Eep Saefullah Fatah, mantan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri, pengamat pertahanan dan keamanan Andi Widjajanto, dan Direktur Imparsial Al A'raf. Sedianya, SBY juga akan memberi tanggapannya terhadap buku ini seusai diskusi.

Buku 'Transformasi TNI' yang ditulis Agus Widjojo ini secara garis besar membahas tentang konsep TNI profesional dalam sistem politik demokrasi, reformasi dalam tubuh TNI sendiri serta implikasinya terhadap tugas dan profesionalitas TNI sebagai alat pertahanan negara.

Dalam bukunya tersebut, mantan Kepala Staf Teritorial TNI dan mantan Wakil Ketua MPR itu membahas pula problematika hubungan TNI dan Polri dalam menjalankan peran pertahanan dan keamanan negara selama ini. (Mvi/Mut/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan
    Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan

    Wiranto

  • SBY