Sukses

Protes Asap, Mahasiswa Riau di Bogor Membawa "Pocong"

Mahasiswa minta status darurat asap ditingkatkan menjadi bencana nasional.

Liputan6.com, Bogor - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Riau (IKPMR) menggelar aksi di depan pintu II Istana Kepresidenan Bogor, Jalan Ir. Djuanda, Kota Bogor, Kamis (17/9/2015). Mereka meminta Presiden Joko Widodo segera mengatasi permasalahan kabut asap.

Salah seorang dari mereka berdandan menyerupai pocong. Aksi teatrikal itu sebagai simbol peringatan jangan sampai pekatnya asap di Riau bisa membunuh warga.

"Akibat kabut asap dari pembakaran lahan, banyak masyarakat yang mengalami penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut," kata koordinator aksi Dodi Sukma.

Selain meminta pemerintah mengatasi permasalahan asap, para mahasiswa juga meminta pemerintah mencabut izin perusahaan yang terlibat pembakaran hutan. "Tindak tegas dan hukum pelaku pembakar hutan lahan di provinsi Riau," kata Dodi.

Tuntutan lain adalah meningkatkan status darurat asap di Riau menjadi bencana nasional. Aksi tersebut diakhiri dengan aksi solidaritas pembagian masker ke pengguna jalan lain. (Hmb/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.