Sukses

Jokowi Minta Felicia Ceritakan Proses Terpilih Jadi Pembawa Baki

Jokowi mengajak dialog beberapa anggota Paskibraka. Salah satunya adalah Maria Felecia Gunawan yang menjadi pembawa baki bendera pusaka.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan dengan anggota Paskibraka Nasional di halaman belakang Istana Kepresidenan, Bogor. Acara ini dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih negara kepada Paskibraka atas tugas mengibarkan bendera di Istana Merdeka pada upacara 17 Agustus.

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengajak dialog beberapa anggota Paskibraka. Salah satunya adalah Maria Felicia Gunawan dari SMAK Penabur Gading Serpong, Banten, yang menjadi pembawa baki bendera pusaka.

‎"Saya ingin ada yang maju. Saya pengin yang kemarin bawa baki bendera, yang pagi, Felicia, iya. Coba ceritain kenapa bisa kamu yang dipilih?" tanya Jokowi, Selasa (18/8/2015).

Tanpa ragu, Gadis yang karib disapa Cia itu sangat antusias menceritakan pengalamannya mengikuti proses seleksi hingga ditunjuk menjadi pembawa bendera pusaka. ‎"Dipilih 5 pasang untuk seleksi di provinsi, bentuk tesnya sama, kami ketemu tim lain, lalu diambil 2 pasang ke seleksi nasional, terus diambil sepasang untuk paskibraka," papar Cia.

Tak puas dengan jawaban Cia, Jokowi kemudian mempertegas pertanyaannya mengapa bisa terpilih menjadi pembawa bendera pusaka. ‎"Kamu kok bisa dipilih jadi pembawa bendera pusaka, yang lain kan banyak, kenapa kamu yang dipilih?" tanya Jokowi.

"Saya rasa kakak-kakak pelatih punya pertimbangan, kriteria yang cocok sebagai pembawa baki, saya bersyukur bisa mewakili teman-teman. Kenapa saya terpilih, saya jujur juga tidak bisa menjawab, karena teman-teman saya yang lain juga layak membawa baki tersebut," jawab Cia.

Tak hanya Cia, Jokowi juga meminta pengibar bendera‎ asal SMA 1 Sentani, Papua, Briand Vinsend Power Felle untuk menceritakan pengalamannya menjadi orang yang mengibarkan bendera Pusaka.

Tak jauh berbeda dengan Cia, Briand juga mengikuti seleksi yang sama seperti psikotes, tes fisik, wawancara, dan tes wawasan pengetahuan daerahnya. Hanya saja dia memiliki jawaban yang berbeda ketika ditanyakan Jokowi mengapa dirinya yang terpilih sebagai pengibar bendera.

"‎Pertamanya kami semua dipilih untuk mencari yang sama tinggi, pengerek, pembentang, saya juga tidak tahu kenapa saya dipilih," tegas Briand.

Secara keseluruhan, acara dialog tersebut berjalan akrab dan Presiden mengucapkan terima kasih atas kinerjanya menyukseskan peringatan HUT ke-70 RI di Istana Merdeka. (Yas/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.