Sukses

Densus Temukan Bom Rakitan dan Bendera ISIS di Konter Pulsa Solo

Singgih Bagyono menjelaskan polisi menunjukkan rangkaian bom yang siap ledak.

Liputan6.com, Solo - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menggeledah sebuah konter pulsa di daerah Sawahan, Keluarahan Sangkrah, Solo, Kamis (13/8/2015). Petugas menemukan rangkaian bom, panduan merakit bom dan bendera hitam ISIS pada penggeledahan tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Densus 88 dan petugas Polresta Solo datang dengan menggunakan senjata lengkap pada penggeledahan tersebut. Penggeledahan pun dikawal ketat. Bahkan, jalan untuk melintas di depan konter tersebut ditutup.‎

Selama penggeledahan, tidak ada satu pun pejabat dari Densus 88 maupun Polresta Solo yang mengeluarkan pernyataan. Keterangannya hanya diperoleh dari Lurah Sangkrah, Singgih Bagyono yang dalam penggeledahan tersebut dipanggil untuk ikut menyaksikan.


Densus 88 Antiteror Polri menggeledah sebuah konter pulsa di daerah Sawahan, Keluarahan Sangkrah, Solo, Kamis (13/8/2015). (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Singgih Bagyono menjelaskan polisi menunjukkan rangkaian bom yang siap ledak, bendera hitam ISIS dan juga lembaran kertas berisi panduan merakit bom kepadanya.

"Oleh polisi saya ditunjukkan berupa  kertas-kertas yang berisi panduan perakitan bom, rakitan bom siap diledakkan, bahan baku berupa potasium, baterai, dan bendera hitam ISIS," ujar Singgih kepada awak media seusai penggeledahan.

Namun, Singgih enggan menjelaskan lebih lanjut nama dari pemilik konter pulsa itu. Dia mengakui polisi telah memberitahukan nama pemilik konter dan sedang dilakukan pendalaman lebih.

Merujuk dari informasi yang diperoleh dari para tetangga, konter tersebut merupakan milik Syarifuddin atau Udin.


Densus 88 Antiteror Polri menggeledah sebuah konter pulsa di daerah Sawahan, Keluarahan Sangkrah, Solo, Kamis (13/8/2015). (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Sebelumnya, polisi juga menggeledah sebuah kandang kambing dan musala di daerah Losari, Pasar Kliwon, Solo, Rabu 12 Agustus. Dalam penggeledahan itu, polisi mengamankan sejumlah atribut ISIS.

Penggeledahan tersebut sebagai tindak lanjut dari penangkapan seorang warga bernama Sugiyanto. Kepolisian juga menggeledah rumah mertua Sugiyanto di Losari RT 05 RW 03.

"Penangkapan dilakukan di sekitar daerah Semanggi tadi siang," kata Humas Laskar Umat Islam Surakarta Endro Sudarsono di Solo, Jawa Tengah, kemarin. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.