Sukses

Wakil Ketua DPR Minta Pemerintah Bertindak Atasi Ambruknya Rupiah

Fadli menambahkan, nilai tukar dolar yang sangat tinggi dapat melemahkan perekonomian nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengingatkan, kondisi perekonomian pemerintah saat ini sudah berada dalam bahaya. Hal itu harus segera menjadi perhatian pemerintah yang mana banyak sektor perekonomian mengalami penurunan.

"Saat ini ancaman PHK sudah semakin nyata. Perusahaan banyak yang mengalami penurunan kemampuan keuangan secara drastis, akibat situasi ekonomi nasional yang terpuruk. Saat ini nilai tukar dollar mencapai Rp.13.500," ujar  Fadli dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (3/8/2015).

Fadli menambahkan, nilai tukar dolar yang sangat tinggi dapat melemahkan perekonomian nasional. Dia menilai pernyataan Menteri Keuangan yang menyatakan depresiasi rupiah bukan tanggung jawab pemerintah adalah sikap yang keliru.

"Ini menunjukkan tidak adanya koordinasi antara pemerintah dengan Bank Indonesia. Akan banyak pelaku ekonomi yang semakin tidak percaya pada pemerintah. Pemerintah dianggap tidak bisa mengendalikan situasi ini." tutur dia.

"Ini sudah lampu merah. Pemerintah jangan lagi hanya melepas tanggung jawab dan membuang badan atas situasi ini. Kalau tidak, defisit akan terus membesar," sambung Fadli.

Dia meminta pemerintah untuk mengambil tindakan nyata dalam merespons depresiasi rupiah. Seperti ketegasan dalam penerapan kebijakan penggunaan mata uang rupiah dalam setiap transaksi di Indonesia dan peningkatkan nilai ekspor. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini