Sukses

JK Tegaskan Tidak Beda Pendapat dengan Jokowi soal Revisi UU KPK

JK juga membantah kalau pernyataannya selama ini di media disebut sebagai perbedaan sikap dengan Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla membantah kalau dirinya dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi berbeda sikap dalam menanggapi usulan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi atau UU KPK.

"‎Tidak berbeda paham, tujuannya sama," ujar JK usai mengikuti acara buka puasa bersama di Kantor DPP Partai Nasdem di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (20/6/2015) malam.

JK juga membantah kalau pernyataannya selama ini di media disebut sebagai perbedaan sikap dengan Presiden Jokowi. "Kadang-kadang cara berbicaranya saja beda. Tujuannya sama, untuk perbaikan," kata JK.

Jokowi dalam rapat terbatas bersama dengan pimpinan KPK, Polri dan Jaksa Agung sebelumnya memastikan kalau dirinya menolak usulan revisi UU KPK yang diusulkan DPR.

Namun demikian, berbeda dengan apa yang disampaikan Jokowi, Wapres JK justru tampak sependapat dengan revisi UU KPK. JK mengatakan revisi bukan bertujuan untuk melemahkan KPK.

‎"‎Tergantung apanya yang dianggap perlu. Direvisi tidak berarti memperlemah, direvisi bisa berarti memperkuat," kata JK beberapa hari lalu.

Salah satu yang akan direvisi terkait kewenangan melakukan penyadapan agar tidak menimbulkan pelanggaran HAM. "Bukan dikurangi, tapi diperketat aturannya. Jangan sampai nanti kau bicara dengan pacarmu terus disadap, bagaimana?" kelakar JK.‎ (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Revisi UU KPK