Sukses

Menteri Basuki: Kemayoran Bukan Milik Elite Lagi

Lapangan golf yang lokasinya di seberang JIExpo Kemayoran, Jakarta akan dibongkar dan dibangun perumahan rakyat dengan model rumah susun.

Liputan6.com, Jakarta - Lapangan golf yang lokasinya di seberang JIExpo Kemayoran, Jakarta akan dibongkar dan dibangun perumahan rakyat dengan model rumah susun atau rusun. Menteri Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono menuturkan, lokasi tersebut akan jadi tempat penampungan sementara bagi warga di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Ada ide, baru wacana, untuk manfaatkan Kemayoran. Kemayoran akan dijadikan pusat perumahan rakyat, bukan elite lagi," kata Basuki di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (18/6/2015).

‎"Itu mau diubah jadi pusat perumahan rakyat. Itu tanah negara yang akan dipakai untuk rakyat," tambah dia.

Pemerintah, lanjut Basuki, berusaha untuk membangun rumah susun dengan perhitungan yang baik. Hal ini untuk menghindari terjadinya kepadatan seperti di Apartemen Kalibata.

Rusun ini bertujuan untuk menciptakan hunian yang lebih bermartabat bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Pembangunan rusun ini akan dimulai tahun ini, tapi Basuki tidak merinci kapan.

"(Tujuan rusun untuk) Warga-warga yang kumuh itu. Untuk lebih bermartabat istilahnya (Kepala Staf Kepresidenan) Pak Luhut, kita mau menyediakan hunian untuk masyarakat yang lebih bermartabat di tanah negara," jelas Basuki.

Wacana pembangunan rusun baru di Kemayoran ini juga sudah disetujui oleh Presiden Jokowi. Wacana ini baru tercetus setelah pemantauan udara‎ pagi tadi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini