Sukses

4000 Turis Asing Rayakan Waisak di Wihara Terbesar Batam

Umat Buddha di wihara melakukan 3 ritual yaitu sembah puja, pengambilan api abadi, dan memandikan patung Buddha.

Liputan6.com, Batam - Ratusan wisatawan Korea dan Singapura memadati perayaan Hari Raya Waisak ke 2559 tahun Saka di Viara Mayteriya Batam.

Humas Wihara Mayteria, Alfin Oyolanda, menyebutkan hampir 4000 wisatawan asing yang datang ke Mayteria. "Dilihat dari agen travel hari ini, puluhan bus yang mengantar wisatawan asing ke viara," ujar Alfin di Batam, Selasa (2/6/2015).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana turis yang datang didominasi dari China dan Malaysia, pada perayaan Waisak tahun ini, sebagian besar turis berasal dari Korea dan Singapura.

Dari ribuan wisatawan tersebut, banyak di antara mereka yang mengikuti ritual perayaan Waisak. Sementara yang lain datang untuk sekadar berkeliling wihara dan berfoto.

Perayaan Waisak di Viara Mayteriya berlangsung sejak pukul 11.00 WIB. Umat Buddha di wihara, yang merupakan salah satu terbesar di Asia Tenggara ini, melakukan 3 ritual yaitu sembah puja, pengambilan api abadi, dan memandikan patung Buddha. Acara akan terus berlanjut hingga malam hari dengan pementasan seni budaya.  

Kendati dipadati umat Buddha yang tengah merayakan Waisak dan turis asing, namun tak terlihat penjagaan ketat oleh aparat kepolisian di wihara ini. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini