Sukses

Dibuka untuk Umum, Mari Lihat Istana Bogor dari Dekat

Liputan6.com, Bogor - Untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat luas melihat langsung semua sisi dan mengenal sejarah Istana Bogor,  Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, menggelar Istana Open. Acara ini berlangsung mulai 25 Mei sampai 1 Juni.

Dalam kegiatan yang dilangsungkan tiap tahun ini, pengurus istana dan pemandu mengajak warga menjelajahi Istana Bogor selama 30 menit.

"Istana memiliki gedung utama yang biasa digunakan untuk kegiatan kepresidenan, terdapat bangunan di sayap kiri dan sayap kanan memiliki fungsi masing-masing," kata staf Protokoler Istana Bogor, Cecep Koswara, di sela kegiatan Istana Open, Selasa (26/5/2015).

Cecep menjelaskan, Istana Bogor secara keseluruhan luasnya sekitar 28,8 hektare. Terdiri atas 1,5 hektare bangunan dan sisanya taman atau pekarangan istana.

"Istana menyimpan banyak koleksi benda-benda seni terdiri dari lukisan maupun patung karya seniman ternama Indonesia maupun luar negeri," lanjut dia.

Tidak hanya itu, ujar Cecep, Istana Bogor juga mengoleksi hampir 200 jenis tanaman. Beberapa di antaranya tanaman langka seperti Sempur, Namnam, dan Bisbul.

"Istana Bogor mencoba melestarikan tanaman-tanaman yang sudah langka. Kami juga meregenerasikan tanaman Sempur, karena di Kota Bogor ini ada Lapangan Sempur, jadi kita coba melestarikannya," kata Cecep.

Asal Muasal Rusa Totol

Istana Bogor juga memelihara ratusan rusa totol (Axis axis), yang sudah tinggal di perkarangan istana sejak 1808.

Rusa totol pertama kali didatangkan ke Istana Bogor oleh Gubernur Jenderal Belanda yang memimpin pada saat itu. Rusa itu didatangkan dari Nepal untuk menghias halaman istana yang dulu merupakan tempat peristirahatan 38 Gubernur Jenderal Belanda.

Awalnya hanya ada 6 rusa, jumlahnya terus bertambah dan saat ini berjumlah ratusan.

Di dalam komplek Istana Bogor juga terdapat beberapa museum kepresidenan. Salah satunya Balai Kirti yang ada di depan pintu 3 masuk istana.

Museum kepresidenan itu menyimpan benda-benda peninggalan para Presiden Republik Indonesia. Mulai dari Soekarno hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ada juga patung-patung presiden yang seolah menyambut kedatangan pengunjung.

Istana Open merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bogor untuk memeriahkan Hari Jadi Bogor yang tahun ini berusia 533 tahun. Kegiatan itu sudah dimulai sejak 13 tahun lalu. (Ant/Sun/Mut)