Sukses

Menteri Anies: Hari Ini 9 Juta Siswa Ikuti UN SMP

Anies Baswedan mengatakan, para peserta UN yang daerahnya mengalami bencana alam seperti banjir juga tetap bisa mengikuti ujian.

Liputan6.com, Solo - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara serentak dilakukan pada hari ini. Untuk itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memastikan seluruh siswa bisa mengikuti tes tersebut, termasuk para siswa yang daerahnya mengalami bencana alam.

Anies Baswedan mengatakan, para peserta UN SMP yang daerahnya mengalami bencana alam seperti banjir tetap bisa mengikuti ujian. Sebab, pihak dinas terkait di daerah telah memiliki kebijakan untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Yang daerahnya mengalami bencana banjir seperti Grobogan, Pekalongan, dan Nusa Tenggara tetap bisa melakukan ujian. Untuk solusi itu dilakukan oleh masing-masing daerah, tidak harus diselesaikan oleh Jakarta," kata dia di sela-sela memantau pembagian soal UN di SMPN 10 Solo, Senin (4/5/2015).

Selanjutnya, dia mengungkapkan jumlah siswa yang mengikuti UN SMP seluruh Indonesia mencapai 9 juta siswa. Diharapkan pelaksanaannya bisa lancar.

"Untuk masalah pelaksanaan UN di daerah yang terkena bencana kan sudah tertangani. Untuk itu, saya meminta untuk menjaga integritas sangat penting. Jangan sampai ada pengkhianat yang membocorkan soal ujian," tegas Anies.

Sementara itu, terkait kedatangannya ke SMPN 10 Solo, ia mengakui jika kunjungannya ini untuk memastikan bahwa persiapan soal ujian sudah selesai. "Ini untuk memantau persiapan UN," tukas Anies.

UN tingkat SMP ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dari Senin hingga Kamis 4-7 Mei 2015. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini