Sukses

Jalan Sehat Hingga Aksi Dorong Motor Sejauh 1 Km Warnai May Day

Ratusan buruh yang tergabung Serikat Pekerja Percetakan menggelar aksi sosial berupa doa bersama untuk pahlawan buruh seperti Marsinah.

Liputan6.com, Jombang - Jenuh berdemo saat Hari Buruh Sedunia atau May Day, puluhan ribu buruh memilih ikut acara jalan sehat yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, Jawa Timur, dengan membawa serta anak-anak dan keluarga mereka.

Untuk menarik minat buruh mengikuti jalan sehat, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (1/5/2015) Pemkab Kombang menyediakan berbagai hadiah seperti sepeda gunung, perabotan rumah tangga, sepeda motor, menjual gula murah ,dan menyediakan hiburan musik dangdut.

Di Solo, Jawa Tengah ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Percetakan memilih menggelar aksi sosial berupa doa bersama untuk pahlawan buruh seperti Marsinah dan dilanjutkan dengan aksi donor darah. Turut serta dalam aksi ini 7 perusahaan percetakan di Solo.

Lain halnya dengan para buruh di Sumedang, Jawa Barat. Mereka turun ke jalan di kawasan Cimanggung dan bahu-membahu membersihkan sampah yang menjadi penyebab banjir. Tumpukan-tumpukan sampah yang menyumbat gorong-gorong dan saluran irigasi dibersihkan. Aksi ini mendapat apresiasi dari warga.

Sementara di Banda Aceh, para buruh menggelar aksi dorong sepeda motor sejauh 1 kilometer. Aksi ini sebagai bentuk protes atas kenaikan harga kebutuhan masyarakat termasuk harga bahan bakar minyak (BBM). (Mar/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.