Sukses

Kemendibudristek Gelar Anugerah Kebudayaan Indonesia 2023, Apresiasi Perawat Harmoni

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar malam puncak acara Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2023 yang mengusung tema 'Para Perawat Harmoni'.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar malam puncak acara Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2023 yang mengusung tema 'Para Perawat Harmoni'.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Mendikbudristek Nadiem Makarim menjelaskan, AKI merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada para individu, komunitas, dan lembaga yang berprestasi atau berkontribusi luar biasa untuk pemajuan kebudayaan.

Tema tahun ini diusung untuk memperkuat ekosistem kebudayaan dan meneguhkan komitmen bersama seluruh pihak untuk merawat harmoni manusia dan alam melalui kerja-kerja budaya.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan selamat kepada para peraih Anugerah Kebudayaan Indonesia tahun ini. Anugerah ini bernilai lebih dari sekadar penghargaan, tetapi menyimpan semangat untuk terus menguatkan kolaborasi dalam upaya kita mengembangkan ekosistem kebudayaan di seluruh Indonesia," ujar Nadiem dalam sambutannya yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Jumat (27/10/2023).

Nadiem berharap, momentum AKI 2023 menjadi pintu baru yang membuka peluang bagi para penerima anugerah untuk lebih banyak hadir di ruang-ruang publik dan memperluas jejaring. Sehingga, kata dia, prestasi yang dicapai bukan hanya bermanfaat bagi penerima, namun juga untuk kemaslahatan masyarakat.

"Saya juga mengajak seluruh pihak yang hadir untuk berpartisipasi, berkolaborasi, dan menghasilkan program-program yang produktif. Kebudayaan menyimpan solusi atas persoalan-persoalan kita saat ini. Oleh karenanya, menjadi kewajiban kita merawat kekayaan bangsa ini. Karena merawat kebudayaan, berarti merawat harmoni," jelas Nadiem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Malam Puncak AKI 2023

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengatakan, upaya para pelestari budaya adalah inspirasi untuk seluruh masyarakat Indonesia agar dapat ikut andil dalam merawat harmoni untuk pemajuan kebudayaan.

"Mereka yang menjaga, merawat harmoni, serta melestarikan budaya adalah sosok-sosok panutan bagi masyarakat Indonesia karena idealismenya untuk mempertahankan warisan leluhur untuk kepentingan generasi bangsa di masa depan," ucap Hilmar.

Lebih lanjut, Hilmar menuturkan bahwa konsistensi dan komitmen pelestari budaya menghadirkan gambaran otentik tentang dimensi kebudayaan Indonesia yang mengandung nilai kebaikan sosial, religi, norma, serta kearifan lokal.

"Kepedulian untuk mencintai kebudayaan amat dibutuhkan bangsa ini sehingga nilai-nilai baik tersebut terus hidup dan mengakar dalam kehidupan masyarakat. Langkah tersebut telah ditunjukkan para penerima penghargaan AKI 2023," tandas Hilmar.

Selain perhelatan malam puncak acara pemberian AKI Tahun 2023, berlangsung juga penyerahan rekomendasi Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2023 kepada Nadiem.

 

3 dari 4 halaman

Penampilan Kekayaan Budaya di AKI 2023

Kegiatan malam puncak pemberian AKI Tahun 2023 juga diisi dengan penampilan musisi dan komunitas budaya. Mereka membawakan lagu-lagu daerah yang diarasemen secara modern serta atraksi seni budaya lokal.

Sejumlah nama musisi yang memeriahkan malam puncak AKI Tahun 2023 seperti Novia Bachmid yang diiringi oleh Rianto selaku komposer. Kemudian ada pula atraksi tarian daerah yang dikoreografi oleh Hartati atau akrab dikenal Uni Tati.

Selain Novia Bachmid, musisi terkenal lainnya yang turut meramaikan malam puncak pemberian AKI Tahun 2023 adalah Andien. Dalam penampilannya, Andien akan diiringi oleh para penari Team RoRo di bawah asuhan Ronald Soe.

Aksi pertunjukkan komunitas musik tradisi dari Tanah Batak, Sumatera Utara, yaitu Eta Margondang juga tidak ketinggalan memukau para tamu malam puncak AKI Tahun 2023. Eta Margondang terbentuk pada 2021 dengan konsep memadukan musik tradisi dari empat puak sekitar Danau Toba, yakni Karo, Toba, Simalungun, dan Pak-pak.

Dalam menunjukkan aksinya, Eta Margondang akan berkolaborasi bersama musisi Novia Bachmid, Andien, dan Ipang. Eta Margondang membawakan lagu-lagu khas Tanah Batak, antara lain Sik Sik Sibatumanikam.

 

4 dari 4 halaman

Berikan Penghargaan

Pada malam puncak AKI 2023, Nadiem juga mewakili Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Satyalancana Kebudayaan kepada (alm) Ikrat Rustama Kartawinata dan Prof Dr H Timbul Haryono, M.Sc.

Sebelumnya pada 14 Agustus lalu Presiden Joko Widodo juga telah menyerahkan Gelar Tanda Kehormatan kepada tiga Begawan Budaya. Ketiga nama penerima gelar tanda kehormatan kebudayaan tersebut adalah (alm) Tjokorda Gde Agung Sukawati (Budayawan) dan (alm) Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Djojokusumo (Seniman) yang mendapat gelar tanda kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma, serta (alm) Ki Mohamad Amir Sutaarga (Ahli Permuseuman) yang mendapat gelar tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya.

Sementara penghargaan AKI 2023 Kategori Anak/Remaja diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Kategori Pelopor dan Pembaru diserahkan oleh Ketua Umum Dharma Wanita Pusat Franka Makarim, dan Kategori Pemerintah Daerah diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro.

Lalu, Kategori Pelestari, Kategori Masyarakat Adat dan Kategori Maestro Seni Tradisi diserahkan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid, Kategori Lembaga dan Perorangan Asing diserahkan oleh Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu Siti Nugraha Mauludiah, dan Kategori Media diserahkan oleh Staf Ahli Menkominfo Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya, Kemenkominfo Wijaya Kusumawardhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.