Sukses

Badrodin Haiti: Tak Ada Matahari Kembar, Saya Kapolrinya

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti menegaskan, tidak akan ada matahari kembar di institusi Polri. Dia menyatakan, Kapolri merupakan pemegang komando dari Korps Bhayangkara tersebut.

"Tidak ada (matahari). Saya Kapolri, saya yang pegang komando. Semua ikut perintah saya," tegas Badrodin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Kekhawatiran ini muncul lantaran nama Komjen Pol Budi Gunawan santer dikabarkan bakal mendampingi Badrodin sebagai Wakapolri. Sementara sebelum digantikan Badrodin, Budi adalah calon Kapolri tunggal yang ditunjuk Presiden Jokowi namun dibatalkan.

Namun Badrodin menjelaskan, keputusan dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri terkait Wakapolri juga telah disampaikan ke Istana. Ia mengaku, belum mendapat respons maupun petunjuk dari Presiden Jokowi.

"Sudah. Tadi pagi saya tanda tangani. Saya belum tahu (respons Istana). Belum ada petunjuknya," tandas Badrodin.

Sebelumnya, Badrodin mengatakan sudah memberitahukan pihak Istana hari ini akan melantik calon wakapolri. Sempat disebut-sebut, Komjen Pol Budi Gunawan yang akan menjadi Wakapolri. Badrodin menuturkan, pelantikan Jenderal Bintang 3 sebagai Wakapolri sudah melalui Wanjakti. Wanjakti menggelar sidang pada Jumat 17 April 2015.

"Sidangnya memang tanggal 17 (April). Tapi belum bisa keseluruhan, karena sebagian (anggota Wanjakti) masih di luar negeri. Sehingga baru kemarin Selasa lengkap dan kemarin kita laksanakan rapat," ucap Badrodin. (Ndy/Mut)