Sukses

Sambut Paskah, TPU Menteng Pulo Mulai Dipadati Peziarah

Para peziarah sudah mulai mendatangi pemakaman Menteng Pulo, Jakarta Selatan sejak subuh.

Liputan6.com, Jakarta - Ziarah ke makam sanak saudara menjadi tradisi saat menyambut perayaan hari keagamaan seperti Paskah. Lokasi yang cukup ramai dikunjungi adalah Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan.

Para peziarah sudah mulai mendatangi pemakaman sejak pukul 04.30 WIB, Minggu (5/4/2015). Mereka datang dengan membawa serta keluarga, mulai orangtua hingga cucu mereka.

Kebiasaan yang tak bisa lepas saat ziarah adalah menyalakan lilin. Lilin dinyalakan setibanya keluarga di makam. Mereka meletakkan lilin mengelilingi makam keluarga.

Setelah itu, mereka berdoa untuk keluarga yang telah meninggal dunia. Perbincangan singkat juga tampak terjadi selepas doa dipanjatkan.

Hal ini juga dilakukan keluarga Indra. Wanita asal Ulujami, Jakarta Selatan ini selalu menyempatkan diri berziarah ke makam suami dan orangtua yang berada di TPU Menteng Pulo.

"Ini sudah 16 tahun kami lakukan. Setiap tahun pasti ke sini," kata Indra di lokasi, subuh tadi.

Indra mengaku tak banyak yang dilakukan di makam. Dia bersama 3 anaknya hanya datang, menyalakan lilin, dan berdoa sejenak.

"Di sini bukan tempat pemujaan, hanya mengenang saja. Seperti berbicara sama suami saya misalnya, ini anak-anakmu sudah besar," imbuh dia.

Tak hanya di Menteng Pulo. Untuk menyambut Paskah, wanita yang berprofesi sebagai dokter ini juga berencana berziarah ke saudara yang ada di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Setelah itu, berkumpul dengan keluarga.

"Ini karena saya jauh jadi sempetin dulu ke sini pagi-pagi. Nanti siang balik lagi ke sini sama keluarga besar setelah kumpul di rumah," ucap Indra. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini