Sukses

Jelang Kongres, PDIP Gandeng Psikolog untuk Tes Kadernya

DPP PDIP melakukan konsolidasi ke jajarannya hingga ke tingkatan daerah dengan dibantu oleh Perhimpunan Ahli Psikologi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan, Kongres ke IV PDI Perjuangan siap dilakukan, termasuk dari sisi teknis, tata cara persidangan hingga penutupan kongres. Kongres rencananya akan digelar di Nusa Dua, Bali.

"Seluruh tahapan kongres sudah dijalankan dengan baik, persiapan secara teknis sudah tidak ada persoalan di lapangan, dari aspek persidangan pembukaan dan putusan sudah dilakukan persiapan dengan baik," kata ‎Hasto saat dihubungi di Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Hasto menjelaskan, saat ini DPP PDIP tengah konsolidasi ke jajarannya di semua tingkatan hingga tingkat daerah, yang dibantu Perhimpunan Ahli Psikologi Indonesia. Hal tersebut untuk melihat sejauh mana kapasitas dan loyalitas kader-kader PDIP di daerah.

"Konsolidasi dari bawah dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan diakhiri tanggal 11-12 (April) di tingkat nasional (kongres). Proses konsolidasi dari bawah ini dibantu dari Himpunan Ahli Psikologi Indonesia yang membantu assesment dengan melihat aspek loyalitas, kepemimpinan ketrampilan manajemen, dan kemampuan kerja sama," jelas dia.

Selain konsolidasi hingga tingkat daerah, Hasto mengatakan, pihaknya juga melakukan tes internal terhadap seluruh kader PDIP terkait pemahamannya terhadap partai. Tes ini ditargetkan berakhir pada 20 Maret 2015.

"Partai juga lakukan tes internal terkait pemahaman organisasi, fungsi parpol dan ditargetkan pada 20 Maret seluruh konsolidasi dinyatakan selesai, sehingga praktis persiapan-persiapan hanya tinggal teknis termasuk materi sudah finalisasi," beber Hasto.

Meskipun konsolidasi tengah dilakukan, Hasto menyatakan, struktur kepengurusan partai dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) hingga tingkat kecamatan untuk kepengurusan partai periode baru, akan dibahas oleh komisi Anggaran Dasar dan anggaran Rumah Tangga (AD/ART) seusai kongres nanti.

‎"Itu mengikuti apa yang diputuskan dalam kongres nanti, karena konsepsi utusan adalah yang diutus yang bawa apsirasi dari bawah. Nanti partai melihat seluruh berita acara Konfercab, Konferda dalam satu nafas dengan hasil Rakernas keempat (di Semarang), yang saat itu secara bulat mengusul Bu Mega menjadi ketum kembali," beber Hasto.

Dia menambahkan, "struktur partai akan diputuskan dalam kongres, sehingga tim yang mempersiapkan materi akan mengacu pada struktur yang mampu menjawab tantangan partai ke depan," tandas Hasto Kristiyanto. (Luq)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini