Sukses

Jelang Kongres PAN, Pendukung Calon Ketum Karantina Pemilik Suara

Para pendukung Zulkifli Hasan ‎dikumpulkan di Hotel Melia Bali, sedangkan pendukung Hatta Rajasa dikumpulkan di Hotel Ina Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) IV yang digelar di Nusa Dua, Bali, memang belum dimulai sepenuhnya. Sejauh ini terdapat 2 kandidat yang akan bersaing untuk kursi ketua umum, calon petahana Hatta Rajasa dan sang penantang Zulkifli Hasan.

Meski belum masuk babak pemilihan, bukan berarti para kandidat ketua umum partai tersebut berdiam diri. Mereka sudah mulai melakukan gerilya politik untuk mengamankan dukungan. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan melakukan karantina pendukung.

"‎Masing-masing kandidat ini sudah mulai gerak, politik karantina yang dilakukan," kata salah satu timses calon Ketua Umum PAN dari kubu Zulkifli Hasan di Nusa Dua, Bali, Sabtu (28/2/2015).

Sumber Liputan6.com ini menjelaskan, para pendukung Zulkifli Hasan ‎dikumpulkan di Hotel Melia Bali. Keberangkatan pendukung ini pun dilakukan secara serempak dari Yogyakarta. Sedangkan pendukung Hatta Rajasa dikumpulkan di Hotel Ina Bali.

Para pemilik suara ini juga dijaga oleh 2 ‎orang. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan pemilik suara mengalihkan dukungannya ke kandidat lain saat digelarnya pemilihan di Hotel Westin, Nusa Dua yang menjadi lokasi Kongres PAN.

Selain ‎karantina lokasi, pemilik suara juga diberikan ponsel dan nomor baru sebagai bentuk antisipasi lainnya. "Kita kasih nomor HP baru dan HP baru sekalian. Harus hati-hati, pindah 1 suara bahaya," imbuh dia.

Terdapat 593 peserta yang memiliki hak pilih. Mereka adalah Ketua dan Sekretaris DPW PAN se-Indonesia, Ketua DPD PAN se-Indonesia, Ketua dan Sekretaris MPP PAN, Ketua Umum, Sekjen, Bendahara Umum, serta ketua 6 organisasi otonom. Selain itu hadir pula 3 ribu kader sekaligus simpatisan dalam kongres ini. ‎

Kongres PAN akan dibuka Sabtu malam. Nantinya, Hatta Rajasa sebagai Ketua Umum PAN akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2010-2015. Selain itu, juga akan membahas platform perjuangan dan persiapan untuk pemilihan Ketua Umum PAN 2015-2020. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini