Sukses

Aksi Seniman Surabaya Galang Koin untuk Australia

Dalam aksi teatrikal tersebut, Taufik mengenakan pakaian perempuan, lengkap dengan aksesorisnya.

Liputan6.com, Surabaya - Para seniman di Surabaya, Jawa Timur juga tak ketinggalan menggelar pengumpulan koin untuk Australia. Penggalangan dana untuk menyindir pemerintah Australia itu digelar dengan aksi teatrikal.

Para seniman ini beraksi di perempatan Siola, Surabaya.

"Ini bentuk keprihatinan dan rasa geram kita terhadap ‎pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott. Sebelumnya kan sudah ada warga negara Australia yang dibebaskan," kata koordinator aksi, Taufik Monyong, di Surabaya, Jawa Timur, Senin (23/2/2015).

"Apakah negara yang memberikan bantuan kemanusiaan bisa dipakai untuk mengintervensi kebijakan hukum negara lain? Ini sebuah penghinaan terhadap kedaulatan sebuah negara, Indonesia," imbuh dia.

Dalam aksi teaterikal tersebut, Taufik mengenakan pakaian perempuan, lengkap dengan aksesorisnya. Sementara seniman lain, Sugeng Gondrong mengenakan jubah putih kusam sambil memegang‎ balok es.

Sugeng berdiri di antara dua anak kecil, Aris Hadi dan Syaiful‎. Satu anak memegang kaleng bertuliskan 'Koin untuk Australia', yang lainnya memegang es krim.

Aksi itu pun menyita perhatian pengguna jalan. Sejumlah pejalan kaki tampak melemparkan uang receh ke kaleng sumbangan.

Dan guna mengamankan aksi serta memperlancar pengguna kendaraan, beberapa polisi turun untuk mengatur lalu lintas di perempatan Siola, Surabaya. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini