Sukses

Istana: Jokowi Memahami Kegalauan Terkait Budi Gunawan

Kata Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Jokowi memaklumi sikap relawan yang bersikap menolak Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Perwakilan relawan 'Salam 2 Jari' mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Kedatangan mereka untuk mendesak presiden Joko Widodo atau Jokowi membatalkan pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.‎ Relawan bahkan mengancam akan terus meneror Jokowi untuk membatalkan pelantikan sang Kepala Lembaga Pendidikan Polri yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, walau para relawan yang datang belum bertemu langsung dengan Jokowi, namun pihak Istana sudah merespons keluhan mereka yang menolak pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri. Ia pun mengaku sudah menyampaikan aspirasi relawan kepada Jokowi dan hal tersebut menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan sikap yang akan diambil terkait nasib Budi Gunawan.

"Sudah diperhatikan dan mereka sudah dilakukan interaksinya dengan relawan. Dan itu yang dijadikan salah satu dasar pertimbangan, seperti tadi yang dipesankan presiden pada relawan-relawan yang selama ini bersama presiden selama kampanye," ujar Andi di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, kamis (15/1/2015).

Andi mengungkapkan bahwa Jokowi memaklumi sikap relawan yang sejak awal menentukan sikap untuk menolak Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri. Namun demikian, pihak Istana meminta agar para relawan bersabar dan menunggu hasil keputusan presiden yang akan disampaikan dalam beberapa hari ke depan.

"‎Presiden memahami kegalauan mereka (para relawan) dan presiden meminta agar para relawan dan masyarakat untuk sekarang menunggu keputusan presiden. Karena ini proses politik dan hukum yang konsekuensinya besar bagi negara ini," ucap Andi.

Selain itu, Andi mengaku yakin bahwa relawan sebenarnya mengerti bagaimana posisi Jokowi. Relawan tidak akan meninggalkan Jokowi dan tetap memberikan dukungan penuh kepadanya. "‎Relawan mengerti posisi yang harus diambil presiden," ucapnya.

Sebelumnya, perwakilan Relawan 'Salam dua Jari' Fadjroel Rahman dan Artis Olga Lydia mendatangi Istana Kepresidenan untuk menemui Jokowi. ‎Dalam keterangannya, Fadjroel mengaku datang untuk menyampaikan  aspirasi para relawan yang resah atas rencana Presiden Jokowi yang akan tetap melantik Budi Gunawan. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.